BUSINESS

Perusahaan Tambang NHM Mampu Tingkatkan Cadangan Emas US$ 4,1 miliar

Dukung ekonomi, tambang NHM ditetapkan jadi OBVITNAS.

Perusahaan Tambang NHM Mampu Tingkatkan Cadangan Emas US$ 4,1 miliarShutterstock/Evgeny Haritonov

by Suheriadi

14 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) berhasil meningkatkan jumlah cadangan emas mencapai 1,4 juta Oz emas. Dengan jumlah sumber daya emas mencapai 2,3 juta Oz, estimasi nilai mencapai lebih dari US$ 4,1 miliar atau sekitar Rp64 triliun. 

Hal ini mencerminkan komitmen perusahaan dalam industri pertambangan emas dengan prestasi mengesankan dalam kegiatan eksplorasi. 

Wakil Direktur Utama NHM, Amiruddin Hasyim menyebutkan, kinerja yang positif tersebut merupakan buah dari kerja keras dan upaya seluruh karyawan serta manajemen NHM, juga dukungan dari pemegang saham. 

"Kami sangat bangga dengan keberhasilan kegiatan eksplorasi ini. Pencapaian ini adalah bukti komitmen NHM dan pemegang saham untuk terus memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan para pemangku kepentingan,” ujar Amiruddin yang sempat menjabat Kepala Teknik Tambang (KTT) NHM selama 9 tahun di NHM melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (14/11).

Dukung perekonomian, operasional tambang NHM ditetapkan menjadi OBVITNAS 

tambang batu bara di Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Rabu (7/7/2021). Inggris akan meninggalkan batu bara sebagai bahan bakar pembangkit listrik.ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj

Ia menambahkan, keberhasilan ini tak lepas dari alokasi modal kerja dan biaya eksplorasi selama 3 tahun terakhir dari pemegang saham pengendali NHM, yakni PT Indotan Halmahera Bangkit (IHB), yang mengakusisi kepemilikan saham NHM di awal tahun 2020.  Pencapaian ini juga diharapkan bakal memperpanjang usia hingga kinerja tambang NHM selama lebih dari 10 tahun ke depan. 

Seperti diketahui, industri pertambangan emas beserta industri mineral dan logam lainnya, memainkan peran penting dan strategis bagi perekonomian Indonesia dan dunia. Oleh karenanya, NHM berkomitmen untuk terus melakukan investasi dalam kegiatan eksplorasi guna pengembangan sumber daya emas yang sangat potensial di wilayah Kontrak Karya NHM di Provinsi Maluku Utara. 

Adapun, area operasional tambang NHM telah ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional (OBVITNAS) yang menjelaskan peran NHM yang strategis bagi stabilitas dan keberlanjutan ekonomi nasional. Oleh karenanya, keberhasilan eksplorasi ini memberikan dampak positif bagi ekonomi daerah dan nasional secara jangka panjang. 

Pencapaian NHM dalam menambah cadangan emas ini tidak hanya mencerminkan keahlian teknis dan manajerial perusahaan, tetapi juga menegaskan komitmen NHM dalam menjaga praktik pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Perusahaan terus memprioritaskan keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan karyawan, serta berusaha untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat setempat melalui program-program berkelanjutan. 

“NHM akan terus memastikan tata kelola yang baik pada area operasional tambang yang telah dikategorikan sebagai OBVITNAS sebagai hal yang mutlak demi mencapai keberlanjutan sumber daya alam dan manfaat positif bagi seluruh pemangku kepentingan, baik yang di lingkar tambang, ataupun secara nasional,” pungkas Amiruddin.