BUSINESS

Salip BRI, Aset Bank Mandiri jadi Terbesar Tembus Rp2.007 Triliun

Ini 5 bank terbesar di Indonesia berdasarkan aset.

Salip BRI, Aset Bank Mandiri jadi Terbesar Tembus Rp2.007 TriliunIlustrasi Perbankan/ Achmad Bedoel

by Suheriadi

01 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sejumlah perbankan telah mencetak kinerja yang cemerlang dengan pertumbuhan aset yang cukup tinggi di sembilan bulan pertama tahun 2023. Tak tanggung-tanggung, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri) bahkan mampu mencetak rekor tertinggi capaian aset dengan nilai Rp2.007 triliun pada September 2023. Bahkan, aset Bank Mandiri tersebut mampu menyalip aset PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) yang sempat menduduki peringkat pertama dari segi aset di bulan Mei 2023.

Menanggapi fenomena tersebut, Pengamat Perbankan sekaligus SVP Head of Research Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Trioksa Siahaan menilai meningkatnya aset bank-bank besar sebagai cerminan bahwa bank mampu bertahan di tengah ketidakpastian ekonomi.

“Kalau saya melihat kondisi ini menunjukan perbankan Indonesia terutama bank besar KBMI 4  masih resilience pada tahun 2023. Namun ke depannya di tahun 2024 ini agak berat,” kata Trioksa saat dihubungi Fortune Indonesia di Jakarta, Rabu (1/11).

Meski demikian, Ia menilai tingginya aset tersebut belum menjanjikan ketahanan bank untuk menghadapi tren bunga tinggi ke depan. Untuk itu, dirinya mengimbau kepada seluruh pelaku perbankan untuk selalu waspada mengingat tren bunga tinggi masih akan berlangsung cukup lama hingga tahun 2024 mendatang. Terlepas dari hal tersebut, lantas siapa bank yang mengekor di belakang Bank Mandiri dan menduduk 5 besar bank berdasarkan aset? Berikut ulasannya.

Jadi bank terbesar, aset Bank Mandiri sentuh  Rp 2.007 triliun, tumbuh 9,11%

Plaza Bank Mandiri/Dok Istimewa

Bank berkode emiten BMRI ini berhasil menorehkan rekor sebagai bank pertama di Indonesia dengan total aset konsolidasi yang menembus Rp 2.007 triliun per September 2023. Tercatat, total aset dari bank pita emas ini mampu tumbuh 9,11 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya atau year on year (YoY).

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, kenaikan total aset tersebut ikut didorong oleh laju pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga (DPK) yang mampu tumbuh positif. “Dalam mendorong pertumbuhan bisnis, Bank Mandiri terus berfokus dalam peningkatan pelayanan dengan memberikan solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan nasabah. Terutama dengan mendorong sektor yang prospektif di setiap wilayah,” ujar Darmawan di Jakarta, Senin (30/10).

Tercatat, Bank Mandiri berhasil menyalurkan kredit secara konsolidasi sebesar Rp 1.315,92 triliun pada September 2023 dari posisi setahun sebelumnya sebesar Rp 1.167,51 triliun atau tumbuh 12,71 persen (yoy).

Tidak hanya itu, Bank Mandiri juga telah membantu membukakan akses masyarakat yang sebelumnya unbanked kepada layanan perbankan melalui dukungan 132 ribu Mandiri agen yang menjangkau 2,75 juta nasabah.

Tempati urutan kedua, aset BRI capai Rp1.851,97 triliun

BRI Tower. (Dok. BRI)