BUSINESS

Sukses Gelar Formula E, ABB Siap Fasilitasi Elektrifikasi di IKN

Sediakan teknologi terbaru pengisian daya kendaraan listrik.

Sukses Gelar Formula E, ABB Siap Fasilitasi Elektrifikasi di IKNPenyelenggara ABB-FIA Formula E Jakarta 2023

by Suheriadi

05 June 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kejuaraan Dunia ABB-FIA Formula E sukses digelar di Jakarta pada 3 dan 4 Juni 2023. Bertempat di AGI Jakarta International E-Prix Circuit, lintasan balapan dengan latar belakang Teluk Jakarta ini memiliki panjang lintasan 2,37 km. 

Seperti yang terjadi pada gelaran perdana Jakarta E-Prix tahun lalu, PT ABB Sakti Industri (ABB) berkolaborasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sukses menyediakan pasokan listrik dengan tingkat keamanan, efisiensi, dan kenyamanan tertinggi pada gelaran bergengsi tersebut. 

President Director & Country Holding Officer ABB Sakti Industri Gerard Chan menyatakan, ajang balap bergengsi ini penting guna mendukung transisi energi. 

"Saya pikir banyak orang yang skeptis tentang kendaraan listrik. Tapi lewat acara (Formula E) ini, orang-orang bisa lihat apa hal-hal apa saja yang bisa dilakukan oleh energi ini," kata Gerard di Jakarta International E-Prix Circuit, Sabtu (3/6). 

ABB sediakan teknologi charging di Formula E

Team Porsche pada Formula E Jakarta/Fortune Indonesia Suheriadi

Seri ini menjadi platform untuk mendemonstrasikan teknologi e-mobilitas terbaru, yang mana ABB berperan sebagai Official Charging Partner di musim ini. Ajang balap tersebut menggunakan sakelar tegangan menengah UniSec ABB yang berguna untuk mengalihkan beban dari sumber daya primer ke cadangan jika sumber daya utama gagal. Ini juga menjaga pengiriman catu daya kritis yang stabil untuk seluruh infrastruktur balapan. 

Selain itu, digunakan juga relay otomasi jaringan Relion REC615 ABB yang memberikan fungsi perlindungan lanjutan yang diperlukan, serta pengoperasian dan kontrol jarak jauh untuk meningkatkan keselamatan. Menurut PLN, listrik yang disalurkan ke sirkuit akan bersumber dari sumber daya panas bumi dan PLTA yang ramah lingkungan. 

Menyusul dua seri balapan di Jakarta, gelaran ini berlanjut ke Portland, AS, untuk pertama kalinya pada 24 Juni mendatang. Secara keseluruhan musim ke 9 ini terdiri dari 16 seri balapan di 11 lokasi global.

Sediakan teknologi terbaru pengisian daya kendaraan listrik di IKN

Teknologi Pengisian daya kendaraan listrik ABB/Dok ABB