BUSINESS

Tekan Inflasi, JAPFA & Pemprov DKI Jakarta Gelar Gerakan Pangan Murah

Operasi pasar distribusikan ayam dengan harga Rp35 ribu.

Tekan Inflasi, JAPFA & Pemprov DKI Jakarta Gelar Gerakan Pangan MurahOperasi Pasar Gerakan Pangan Murah/Dok Japfa

by Suheriadi

30 June 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) menggandeng Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar “Gerakan Pangan Murah atau Operasi Pasar Daging Ayam Ras” di sejumlah kawasan Jakarta. 

Kolaborasi ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan daging ayam yang segar berkualitas dan terjangkau. Dalam kegiatan tersebut, JAPFA telah menyiapkan karkas ayam berukuran 0,9-1 kg dengan harga jual senilai Rp 35.000,- per ekor. Warga Jakarta dapat mengunjungi titik lokasi operasi pasar terdekat mulai hari Rabu (28/06) hingga 2 Juli mendatang. 

"Jika berbicara mengenai harga, produk daging ayam segar dengan merk dagang ‘Best Meat’ berada pada kisaran 35 ribu per ekor. Nilai tersebut relatif lebih murah dibanding dengan rata-rata harga daging ayam di Jakarta yang mencapai Rp 37.000 hingga Rp 38.000 per kilo," kata Direktur Corporate Affairs JAPFA, Rachmat Indrajaya melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Jumat (30/6).

Tekan inflasi daerah

Pedagang daging ayam melayani pembeli di Pasar Induk Rau, Serang, Banten, Selasa (7/6). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Selain itu, PJ Gubernur DKI Jakarta, Heri Budi Hartono mengungkapkan bahwa pihaknya antusias menantikan dampak positif yang dihasilkan dari kolaborasi lintas sektoral bersama sektor privat dalam menyediakan operasi pasar daging ayam segar. Selain itu, diharapkan upaya tersebut bisa menekan inflasi daerah dan membantu masyarakat khususnya DKI Jakarta.

Hal ini tentu diharapkan dapat menekan angka inflasi daerah khususnya DKI Jakarta.
Apalagi, Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan perkembangan harga komoditas pangan yang berpotensi menyumbang inflasi pada Juni 2023, terutama dengan adanya momen Idul Adha 2023. BPS mencatat, komoditas yang berpotensi meyumbang inflasi, adalah daging ayam ras yang mana terjadi kenaikan harga di 184 kab/kota.

Distribusi ayam dilakukan di 5 titik Kelurahan

Operasi Pasar Gerakan Pangan Murah/Dok Japfa