Comscore Tracker
BUSINESS

Webinar Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Strategi marketing yang sangat efektif.

Webinar Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnyailustrasi webinar (unsplash.com/Chris Montgomery)

by Surti Risanti

Webinar adalah sebuah strategi marketing baru yang sangat efektif. Melalui format ini, Anda bisa menjangkau khalayak yang lebih luas lagi.

Terlebih lagi, kegiatan ini merupakan alternatif untuk Anda yang ingin menyelenggarakan acara di tengah pandemi Covid-19.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai webinar, berikut artikel yang membahas lebih lanjut. Simak selengkapnya!

Pengertian webinar

Webinar acara bisnis

Webinar adalah sebuah kegiatan yang dilakukan secara virtual. Di dalam webinar, peserta datang dan mengikuti acara secara daring. Format webinar ini sering digunakan untuk acara seminar, diskusi, workshop, hingga talkshow.

Anda tidak perlu repot untuk menyiapkan ruangan acara. Cukup hubungkan perangkat Anda dengan koneksi dan menggunakan media digital, seperti Zoom, Jitsi, atau Google Meet.

Webinar sebenarnya strategi marketing yang sangat ampuh. Anda bisa menampung peserta dengan jumlah yang tidak terbatas dan bisa berasal dari mana saja. 

Selain itu, audiens bisa berinteraksi secara personal dan interaktif. Hal ini tentu sangat menyenangkan bagi para peserta yang hadir.

Lain halnya jika Anda menyelenggarakan kegiatan secara langsung. Anda hanya bisa menjangkau demografis tertentu saja. Anda juga perlu memikirkan jumlah peserta dan kapasitas ruangan.

Jadi, webinar adalah strategi marketing yang tepat sasaran dan mencakup aspek kualitas dan kuantitas secara bersamaan.

Manfaat webinar

Webinar untuk bisnis

Tahukah Anda bahwa webinar memiliki banyak manfaat, khususnya untuk strategi marketing bisnis. Berikut ini manfaat webinar bagi pemilik serta audiensnya, antara lain sebagai berikut:

Manfaat webinar bagi pemilik bisnis

Apabila Anda tertarik untuk menyelenggarakan webinar, berikut ini beberapa manfaat webinar untuk bisnis:

1. Kesempatan untuk menampilkan nilai yang lebih pada calon pembeli

Webinar adalah salah satu cara untuk mengedukasi pembeli. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk menyajikan nilai lebih yang ada pada produk Anda. Anda bisa juga bisa menambahkan video untuk menarik perhatian calon pembeli.

Semakin banyak informasi yang dibagikan, maka semakin banyak pula ketertarikan dan kebutuhan mereka dengan brand Anda.

2. Meningkatkan brand awareness

Melalui webinar, Anda dapat meningkatkan brand awareness dengan menyediakan informasi mengenai produk serta tips penggunaannya kepada pelanggan.

3. Menunjukkan keahlian Anda dibanding kompetitor

Webinar sebagai sarana untuk menunjukkan kemahiran Anda dibanding kompetitor lainnya. Hal ini yang membuat Anda seperti ahli di bidangnya.

4. Sebagai sarana feedback

Anda bisa menggunakan survei, polling, tes, atau diskusi interaktif dengan (calon) pelanggan. Hal ini membantu Anda untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh audiens.

5. Menekan biaya promosi dan waktu

Saat Anda menyelenggarakan event offline, Anda membutuhkan biaya yang besar untuk menyiapkannya. Mulai dari tempat, konsumsi, dan pernak pernik lainnya.

6. Mengumpulkan data calon pelanggan (lead)

Webinar dapat membantu Anda untuk mengumpulkan data calon pelanggan seperti nama dan alamat email. Hal ini memudahkan Anda untuk mengirimkan info promosi terkait brand Anda kepada mereka.

Manfaat webinar bagi audiens

Ada beberapa manfaat webinar yang dirasakan oleh audiens, antara lain:

1. Hemat biaya

Kegiatan yang dilakukan secara offline mengharuskan Anda untuk datang ke tempat tersebut. Dengan adanya webinar, Anda dapat menghemat ongkos bensin dan lainnya.

2. Fleksibel

Anda bisa mengikuti kegiatan dari manapun, seperti ruang tamu, tempat tidur, kafe, dan sebagainya.

3. Berinteraksi dengan banyak orang

Webinar membuat Anda terhubung dengan banyak orang lain dari berbagai penjuru dunia.

Jenis-jenis webinar untuk bisnis

Webinar untuk bisnis

Apabila Anda merupakan pelaku bisnis, berikut ini terdapat jenis webinar untuk bisnis. Simak selengkapnya di bawah ini:

Webinar berbayar

Webinar berbayar bukan bermaksud untuk mempromosikan barang atau jasa, tetapi webinar tersebut adalah produk yang harus dijual. Anda harus bisa memutar strategi bagaimana bisa menjual event tersebut.

Serial webinar 

Jenis webinar satu ini adalah Anda harus membuat beberapa episode webinar. Webinar ini topik-topik tersebut saling terhubung.

Webinar untuk mengumpulkan lead

Adapun webinar ini biasanya disediakan secara gratis. Webinar untuk mengumpulkan lead atau data pelanggan. Selain itu, kegiatan tersebut bisa Anda gunakan sebagai brand awareness atau memperkenalkan produk.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan webinar adalah sebuah strategi marketing yang dikemas dalam bentuk seminar, talkshow, ruang diskusi yang dilaksanakan secara online.

Related Articles