BUSINESS

10 Perusahaan Paling Dikagumi di Dunia 2024: Apple Juara!

Siapa saja perusahaan paling dikagumi di dunia pada 2024?

10 Perusahaan Paling Dikagumi di Dunia 2024: Apple Juara!ilustrasi perusahaan Apple (Unsplash.com/Laurenz Heymann)

by Tanayastri Dini Isna KH

01 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Tiga raksasa teknologi dunia memuncaki daftar perusahaan paling dikagumi di dunia 2024 versi Fortune: Apple, Microsoft, dan Amazon.

Ketiga perusahaan teknologi global itu telah menduduki posisi tiga besar daftar itu selama lima tahun berturut-turut.

Selain itu, perusahaan teknologi lain seperti Nvidia juga melonjak ke peringkat tertingginya dalam lis itu, yakni posisi ke-10. Nama Nvidia sendiri kian terdengar karena chip GPU-nya mendorong inovasi dalam bidang AI generatif.

Hal itu menunjukkan bahwa kini para raksasa teknologi menunjukkan tajinya dari segi reputasi dalam lis perusahaan paling dikagumi, setelah sempat heboh mendisrupsi perekonomian global.

Adapun, daftar perusahaan paling dikagumi di dunia dari Fortune itu menggunakan metodologi jajak pendapt terhadap sekitar 3.700 eksekutif, diretur, dan analis. Fortune bermitra denan Korn Ferry dalam survei itu. Awalnya, Fortune mendata 1.500 kandidat.

Itu mencakup 1.000 perusahaan terbesar Amerika Serikat (AS), yang penilaiannya ditinjau berdasarkan pendapatan, bersama dengan perusahaan non-AS dalam basis data Fortune 500 Global dengan pendapatan US$10 miliar atau lebih.

Kemudian, daftar perusahaan itu dikelompokkan ke dalam perusahaan-perusahaan dengan pendapatan tertinggi di setiap industri. Hasilnya, ada 660 perusahaan dari 29 negara. Perusahaan peringkat teratas diambil dari ratusan perusahaan itu.

Setelah itu, Korn Ferry pun meminta para responden survei untuk menilai perusahaan di industri berdasarkan 9 kriteria, yakni: investasi, manajemen SDM, penggunaan aset korporasi, tanggung jawab sosial, kualias manajemen, financial soundness, nilai investasi jangka panjang, kualitas produk atau layanan, dan global competitiveness.

Lantas, siapa saja perusahaan-perusahaan yang masuk dalam lis itu dan bagaimana kisahnya? Simak ulasan informasi berikut ini.

Daftar perusahaan paling dikagumi di dunia 2024

Gedung Microsoft. (Pixabay/efes)
  • Apple

Perusahaan dengan kapitalisasi pasar US$2,96 juta itu meraih skor 8,19 secara keseluruhan. Apple unggul di segala kriteria yang ditinjau.

  • Microsoft

Menduduki posisi kedua, Microsoft harus puas dengan skor 7,97. Dari segi inovasi, Microsoft menduduki posisi keempat. Sementara dari segi manajemen SDM, Microsoft ada di peringkat ketiga. Di kualitas produk, perusahaan ini masih ada di posisi kelima.

  • Amazon

Perusahaan yang dinakhkodai oleh Andrew R. Jassy itu mendapatkan skor keseluruhan 8,26. Di daftar versi tahun 2023, Amazon duduk di peringkat kedua. Tapi tahun ini, posisinya diisi oleh Microsoft, sehingga Amazon turun ke posisi ketiga.

  • Berkshire Hathaway

Perusahaan afiliasi Warren E. Buffett ini meraih skor keseluruhan sebesar 7,56. Di poin inovasi, perusahaan ini hanya menduduki peringkat kelima. dari segi tanggung jawab sosial pun, Berkshire Hathaway berada di posisi keempat.

  • JPMorgan Chase

Di posisi kelima ada JPMorgan Chase, dengan skor keseluruhan 7,02.

  • Costco Wholesale
  • Alphabet
  • American Express
  • Walmart
  • Nvidia

Demikian 10 besar dalam daftar perusahaan paling dikagumi di dunia pada 2024.