BUSINESS

Demam Pink, Film Barbie Cetak Rekor di Pekan Pertama!

Pendapatan Barbie film Juli berpendapatan tertinggi ke-3.

Demam Pink, Film Barbie Cetak Rekor di Pekan Pertama!Film Barbie. (Warner Bros)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sudahkah Anda menonton Barbie? Ternyata, di pekan pertama, sutradaranya, Greta Gerwig mencetak rekor baru berkat film itu.

Melansir Fortune, berkat penjualan tiket senilai US$162 juta di bioskop-bioskop Amerika Utara pada akhir pekan pertama, Barbie berhasil menjadi film karya perempuan pertama yang debut dengan pendapatan tertinggi di akhir pekan pertama penayangan.

Barbie berhasil menyalip posisi Captain Marvel (2019) karya Anna Boden yang meraih US$153,4 juta di pekan pertamanya dan Wonder Woman (2017) karya Patty Jenkins dengan debut film senilai US$103,3 juta di minggu ke-1 penayangan.

Selain itu, biaya produksi Barbie juga lebih murah, yakni US$145 juta. Sementara itu, Captain Marvel dan Wonder Woman masing-masing menghabiskan US$152 juta dan US$200 juta..

Dalam lanskap internasional, debut pekan pertama Barbie menghasilkan sekitar US$337 juta, mengungguli Wonder Woman yang hanya US$228,3 juta. Tapi lebih rendah dari Captain Marvel yang menghasilkan US$455 juta secara global di minggu pertama waktu tayang.

Profil penonton Barbie berbeda

NFT dari kolaborasi Barbie x Balmain/Dok. Mattel

Debut Barbie di pekan pertamanya lebih tinggi US$7 juta dari perkiraan awal. Selain itu, profil penontonnya juga didominasi oleh perempuan (65 persen). Itu yang membedakannya dengan film-film pemecah rekor box offices yang debut dengan estimasi pendapatan kotor di atas US$100 juta lainnya, termasuk Captain Marvel dan Wonder Woman, yang mayoritas penontonnya adalah laki-laki.

Salah satu penyebabnya, sebagaimana dilansir dari Fortune, yakni kurangnya film-film besar yang dibuat dan dipromosikan dengan memikirkan penonton perempuan penggemar blockbuster.

Adapun, Barbie pun menyabet gelar debut Juli terbesar sepanjang masa, melampaui film The Dark Knight dan The Dark Knight Rises garapan Christopher Nolan. Di posisi pertama dan kedua ada The Lion King dan Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2.

Secara historis, Gerwig sebelumnya juga mengerjakan film Little Women dan Lady Bird. Kedua film itu masing-masing mendulang pendapatan kotor senilai US$108,1 juta dan US$49 juta. Artinya, film Barbie yang ia tulis dan sutradari telah melampaui dua karya miliknya yang lain.

Related Topics