FINANCE

5 Tips Berhemat Selama Bulan Ramadan

Ingat, yang Anda inginkan belum tentu dibutuhkan.

5 Tips Berhemat Selama Bulan RamadanIlustrasi Suasana Ramadan. Shutterstock/Billion Photos
28 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Bulan Ramadan segera tiba, dan biasanya penjualan barang-barang kebutuhan rumah tangga dan makanan mulai meningkat. Masyarakat pun bersiap untuk membelanjakan uang seiring datangnya Hari Raya. Namun, ada baiknya Anda mengatur keuangan dan berhemat agar terhindar dari sifat konsumtif. 

Mengutip dari laman BCALife.co.id, salah satu contoh pengeluaran tambahan di bulan Ramadan adalah membeli makanan untuk berbuka puasa atau takjil yang biasanya tidak ada dalam bujet harian. Banyaknya program diskon yang ditawarkan menjelang Lebaran juga merupkan tantangan bagi Anda dalam membelanjakan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penghematan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa berhemat selama bulan Ramadan.

1. Belanja makanan sesuai kebutuhan

Pepatah Apa yang Anda inginkan belum tentu Anda butuhkan, barangkali ada benarnya. Untuk tetap bisa berbelanja dengan lebih hemat, belilah bahan makanan pokok sesuai kebutuhan untuk makan saat sahur dan berbuka.

Selama kebutuhan makanan Anda terpenuhi dengan baik, maka Anda tidak perlu membeli makanan tambahan atau jenis makanan lainnya.

2. Manfaatkan diskon untuk beli kebutuhan

Selama bulan Ramadan, banyak kegiatan yang harus dilakukan di rumah, seperti membeli kebutuhan sehari–hari, yang bisa dilakukan melalui e-commerce atau marketplace.

Biasanya, saluran belanja tersebut banyak yang menawarkan diskon khusus bulan Ramadan. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk membeli kebutuhan agar lebih  berhemat.

Related Topics