FINANCE

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Konsultan Pajak

Konsultan pajak membantu untuk jadi wajib pajak yang baik.

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Konsultan Pajakilustrasi pajak (unsplash.com/Kelly Sikkema)
13 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Membayar pajak adalah kewajiban sebagai warga negara, termasuk pelaku usaha. Untuk mempermudah proses pengurusan pajak, tak jarang pelaku usaha menggunakan jasa konsultan pajak.

Menurut kutipan dari laman resmi online-pajak.com, konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan undang-undang perpajakan.

Konsultan pajak akan memberikan layanan kepada kliennya dalam mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan pajak, sehingga klien tersebut bisa membayarkan kewajiban pajaknya kepada negara serapih mungkin. Bantuan kepada klien ini mencakup,  penghitungan pajak, perencanaan, pembuatan laporan, hingga pendampingan dan bantuan menyelesaikan masalah perpajakan.

Namun, tak mudah untuk memilih konsultan pajak yang cocok dengan Anda. Berikut ini, Fortune Indonesia akan menguraikan beberapa cara memilih konsultan pajak, dengan mengutip dari houseoftax.co.id.

Pilih konsultan pajak yang berpengalaman

SPT Tahunan
ilustrasi lapor SPT Tahunan (freepik.com/rawpixel)

Cara ini sebenarnya tak hanya dilakukan dalam memilih konsultan pajak, namun bisa diterapkan saat kita memilih berbagai profesi di bidang jasa. Dengan memilih konsultan pajak yang berpengalaman, diharapkan dapat memberikan saran dan solusi yang tepat untuk masalah perpajakan Anda.

Periksa kredensial konsultan pajak

Menghitung SPT Tahunan pajak
ilustrasi menghitung pajak (freepik.com/Drazen Zigic)

Related Topics