FINANCE

Ini Jenis Investasi yang Harus Diketahui dan Paling Populer

Harus pertimbangkan modal, pengalaman, sampai momentum.

Ini Jenis Investasi yang Harus Diketahui dan Paling Populerilustrasi investasi (unsplash.com/micheile dot com)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

03 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sebelum berinvestasi ketahui jenis-Jenis Investasi yang akan dijelaskan di bawah ini. Namun, tak semua investasi bisa dilakukan begitu saja, mengingat banyak pertimbangan yang harus diperhatikan.

Yang harus diperhatikan mulai dari modal, pengetahuan, sampai momentum yang sedang terjadi. Bila kita adalah seorang pemula, tidak perlu kuatir dalam memilih jenis investasi apa yang cocok.

Melansir laman resmi SAP-Xpress, Fortune Indonesia akan mengulas tentang jenis investasi apa saja yang paling cocok untuk pemula?

Deposito

deposito syariah adalah simpanan jangka panjang dengan prinsip syariahilustrasi deposito syariah (unsplash.com/ Moja Msanii)

Deposito adalah simpanan yang hanya dapat dicairkan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. Salah satu karakteristik deposito yang membuat investasi ini aman adalah adanya jaminan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Selain itu, hasil bunga deposito umumnya lebih tinggi dari bentuk investasi lainnya. Investasi ini cocok untuk pemula karena cara kerjanya yang cukup mudah bagi kita yang baru belajar.

Deposito bisa dijadikan agunan sekaligus jadi instrumen yang memudahkan kita mengelola keuangan secara lebih terencana, sesuai kebutuhan dan jangka waktu yang diinginkan. Deposito mempunyai jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, dan 12 sampai dengan 24 bulan.

Reksa dana

Ilustrasi bisnis berkelanjutan. Shutterstock/Miha Creative