Comscore Tracker
FINANCE

Mata Uang Terkuat Dunia Penakluk Dolar AS

8 mata uang terkuat dunia yang lebih superior dari dolar AS.

Mata Uang Terkuat Dunia Penakluk Dolar ASFlickr

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE - Dolar Amerika Serikat memuncaki daftar mata uang yang paling sering diperdagangkan dalam pemeringkatan yang dirilis situs Remitr, “Top 10: World’s Most Traded Currencies 2020”, pada 13 Januari 2021. Meski begitu, dolar AS ternyata bukan mata uang terkuat di planet ini.

“Greenback” dimanfaatkan oleh hampir seluruh bank sentral dan bank komersial di seluruh dunia, sekaligus dipergunakan dalam berbagai transaksi internasional. Namun, ada 8 mata uang yang nilainya lebih tinggi dari dolar AS. Berikut urutan yang dilansir situs Remitr:

Dinar Kuwait (KWD)

Pada peringkat pertama ada Dinar Kuwait. Penyebabnya beberapa faktor. Misalnya, status Kuwait sebagai negara penghasil minyak terbesar dengan nilai ekspor yang cukup tinggi. Selain itu, bank sentral Kuwait juga memberlakukan nilai tukar tetap sehingga KWD bisa memiliki nilai tinggi. 1 dinar Kuwait setara dengan USS$3,27.

Dinar Bahrain (BHD)

Tak banyak berbeda dari Kuwait, Bahrain adalah negara kecil di teluk Persia dengan sumber pendapatan terbesar dari ekspor minyak. 1 dinar Bahrain dihargai US$2,65.

Rial Oman (OMR)

Sebagai negara yang juga termasuk pengekspor minyak, Oman memiliki mata uang dengan nilai tukar cukup tinggi terhadap dolar AS. 1 rial Oman seharga dengan US$2,60. Uniknya, karena tingginya nilai tersebut, bank sentral Oman mengeluarkan pecahan uang kertas ¼ dan ½ rial untuk mengakomodasi transaksi kecil.

Dinar Yordania (JOD)

Walau bukan negara pengekspor minyak, Yordania memiliki mata uang yang nilainya dihargai US$1,41 untuk tiap dinarnya. Nilai tukar ini memang sudah ditetapkan sedemikian selama kurang lebih 20 tahun terakhir dan belum menunjukkan akan berubah.

Pound sterling Inggris (GBP)

Pada urutan kelima, ada mata uang terkuat di benua Eropa, yakni pound sterling Inggris. Mata uang ini resmi berlaku di Britania Raya dan berbagai wilayah kekuasaannya yang tersebar di seluruh dunia. 1 pound sterling Inggris dihargai US$1,30.

Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Kepulauan Cayman memiliki mata uang kuat karena merupakan negara bebas pajak dan merupakan satu dari lima pusat keuangan lepas pantai terbesar dunia. Negara ini menyediakan lisensi perbankan lepas pantai bagi ratusan bank, pengelola investasi global, dan perusahaan asuransi. Nilai mata uangnya dihargai US$1,20.

Euro (EUR)

Sebagai mata uang cadangan kedua terbesar dunia, nilai tukar euro di atas dolar AS. Kekuatan euro tidak dapat dilepaskan dari keberadaan beberapa negara ekonomi maju di kawasan tersebut. Saat dihadapkan dengan dolar AS, 1 euro setara US$1,18.

Franc Swiss (CHF)

Swiss dikenal sebagai salah satu negara kaya dan paling stabil di dunia. Kebijakan moneternya yang sehat dan tingkat utang yang rendah adalah alasan Franc Swiss memiliki nilai yang kuat. 1 franc Swiss dihargai US$1,10.

Related Topics

Related Articles