FINANCE

7 Investasi Properti yang Menguntungkan untuk Jangka Panjang

Cocok untuk investasi jangka panjang

7 Investasi Properti yang Menguntungkan untuk Jangka Panjangilustrasi investasi properti (unsplash/buyandrent homes)
06 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Investasi Properti termasuk jenis penanaman modal dalam bentuk real estate populer dan cukup banyak diminati investor. Pasalnya, investasi satu ini menawarkan keuntungan yang prospektif dalam jangka panjang.

Hal tersebut dikarenakan harga tanah dan bangunan yang selalu naik dari tahun ke tahun. Harga jualnya juga biasanya cenderung memiliki kisaran lebih tinggi dari harga beli.

Tidak heran, investasi properti banyak dilirik dan dijadikan salah satu investasi yang menguntungkan. 

Bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke bisnis properti, berikut beberapa pilihan investasi properti yang menguntungkan.

1. Tanah

Salah satu jenis investasi properti yang menguntungkan dan banyak diminati adalah tanah atau lahan kosong.

Seperti yang diketahui, harga tanah selalu naik secara signifikan. Maka dari itu, tidak sedikit investor yang berinvestasi pada sebidang tanah untuk jangka panjang.

Selain dijadikan lahan hunian, jenis properti ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai peluang usaha, mulai dari toko, parkiran, tempat acara, lahan pertanian, dan lain sebagainya.

Biasanya, tanah kavling banyak dipilih sebagai opsi investasi yang menguntungkan. Tanah kavling sudah dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran tertentu.

Anda juga tidak membutuhkan banyak biaya dalam perawatannya. Asalkan lokasi tanah kavling berada di lokasi yang strategis, Anda bisa menarik calon pembeli atau penyewa.

2. Rumah

Rumah termasuk contoh properti yang banyak diminati masyarakat untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Properti banyak dijadikan pilihan terbaik karena dianggap sebagai investasi yang nilainya stabil dan cenderung meningkat.

Berbeda dengan jenis investasi lainnya, properti menawarkan risiko rendah karena pasarnya tidak terlalu fluktuatif seperti pasar saham. 

Pasarnya juga sangat diminati oleh konsumen yang membuatnya semakin menguntungkan. Jika Anda tidak berniat untuk menempatinya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewakannya atau menjualnya kembali pada orang lain.

Selain itu, rumah bisa dijadikan agunan atau jaminan ketika Anda membutuhkan pinjaman dana dari bank.

Perlu diingat, Anda juga perlu memperhatikan lokasi dan perawatannya agar tetap layak untuk dihuni.

Related Topics