FINANCE

6 Perbedaan Asuransi Unit Link dan Tradisional

Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan.

6 Perbedaan Asuransi Unit Link dan TradisionalLayanan asuransi di platform Pospay. (dok. Pos Indonesia)
03 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Asuransi unit link dan tradisional merupakan dua jenis asuransi yang kita kenal. Lalu apa perbedaannya? Salah satu perbedaan asuransi unit link dan tradisional adalah terletak pada besaran dana yang dikeluarkan.

Secara umum uang pertanggungan yang tercantum pada polis asuransi unit link lebih rendah. Hal ini karena asuransi unit link menawarkan proteksi dengan nilai tunai. Selain itu, asuransi unit link merupakan salah satu produk jaminan perlindungan kesehatan yang mempunyai fitur investasi. Tak hanya itu, asuransi unit link  akan memberikan dua manfaat bersamaan dalam satu polis, yaitu sebagai asuransi perlindungan, serta investasi dengan risiko sesuai dengan dana yang dipilih.

Adapun asuransi tradisional adalah jenis pertanggungan yang masih murni, sehingga ada beberapa fitur yang tidak tersedia. Produk pertanggungan pada asuransi tradisional terbilang masih masih murni, sehingga tidak ada fitur investasi di dalamnya. Terdapat tiga produk pertanggungan jenis tradisional yaitu, asuransi jiwa berjangka, seumur hidup, serta dwiguna atau endowment insurance.

Untuk lebih jelas mengeetahui perbedaan asuransi unit link dan tradisional, berikut penjelasannya yang dirangkum dari laman OCBC NISP.

1. Nilai tunai yang ditawarkan

Perbedaan pertama antara asuransi unit link dan asuransi tradisional terletak pada nilai tunai yang disediakan. Nilai tunai adalah jumlah uang dari polis asuransi yang dapat dicairkan oleh pemegang polis pada waktu tertentu.

Asuransi tradisional umumnya tidak memiliki nilai tunai, sementara asuransi unit link menyediakan proteksi kesehatan bersama dengan nilai tunai.

Namun, ada satu jenis asuransi tradisional yang memberikan nilai tunai, yaitu asuransi endowment atau dwiguna.

2. Besaran harga premi

Kedua, perbedaan lainnya antara asuransi unit link dan asuransi tradisional adalah besaran premi yang ditentukan. Harga asuransi premi tradisional biasanya lebih rendah dibandingkan dengan asuransi unit link. Hal ini disebabkan karena asuransi unit link tidak hanya memberikan Uang Pertanggungan (UP), tetapi juga memiliki nilai tunai yang berasal dari hasil investasi.

Oleh karena itu, jika seseorang ingin meningkatkan manfaat asuransi unit link, mereka perlu menyisihkan dana tambahan yang akan dibebankan melalui tagihan premi yang lebih besar.

Sementara itu, asuransi tradisional adalah jenis pertanggungan murni yang hanya menyediakan UP tanpa nilai tambahan tunai.

Related Topics