Comscore Tracker
FINANCE

Bingung? Berikut Cara Ambil Uang di ATM dengan Benar dan Aman

Mesin ATM masih sangat dibutuhkan hingga kini.

Bingung? Berikut Cara Ambil Uang di ATM dengan Benar dan AmanIlustasi mesin ATM/Shutterstock pspn

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Kebutuhan akan uang tunai tidak bisa dihilangkan begitu saja, meski saat ini merajalela uang elektronik. Tak ayal mesin penarik uang, mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) masih memiliki peranan penting.

Mesin ATM masih sangat dibutuhkan hingga kini, tak hanya untuk menarik uang, tapi juga digunakan untuk melakukan transaksi, cek saldo, dan bayar tagihan.

Nasabah juga bebas bisa kapan saja menarik kembali uang mereka menggunakan kartu ATM yang lebih simpel. Cara ini memang sangat memudahkan nasabah, kapanpun dan dimanapun mereka butuh tarik tunai, tinggal cari ATM terdekat.

Karena itu, cara untuk mengakses mesin ATM tidak bisa disepelekan, terutama untuk mereka yang ingin mengambil uang. Salah-salah ATM bisa tertelan atau diblokir. Lalu, bagaimana cara ambil uang di ATM? Simak penjelasan berikut ini!

Cara aman ambil uang di ATM

 1. Pastikan lokasi aman

Terkadang, lokasi ATM yang kamu temukan tidak berada di lokasi aman atau berada di tempat terpencil. Tentunya, kamu akan merasa tidak aman ketika melakukan transaksi di ATM jika kondisinya seperti itu. Oleh karena itu, sebelum ambil uang di ATM, pastikan dulu lokasi aman.

Agar kamu lebih merasa nyaman, pastikan kamu mencari ATM di tempat publik atau keramaian, seperti mall, supermarket, dan sebagainya. Dengan begitu, lokasi akan lebih aman dan jika terjadi sesuatu, kamu bisa segera minta bantuan orang sekitar.

Lalu, pastikan pula bahwa ATM terdapat CCTV di atasnya dan juga daerah sekitarnya memiliki CCTV.

2. Masukan kartu debit atau kredit

Hal ini berkaitan dengan cara mengambil uang di mesin ATM dengan benar. Pertama, masukan kartu debit atau kredit ke ATM. Pastikan kartu tidak terbalik, yaitu bagian awalan nomor yang ada di kartu dimasukkan terlebih dahulu.

Ketika memasukkan PIN, kamu perlu memerhatikannya secara cermat. Sebab, jika PIN yang dimasukkan salah sampai tiga kali, kartu ATM kamu akan terblokir. Tentunya, hal tersebut tidak diinginkan. Oleh karena itu, perlu kamu ingat secara pasti PIN yang digunakan pada ATM tersebut.

Jika kartu ATM terblokir, kamu tidak dapat melakukan transaksi apapun, baik itu ambil uang maupun transfer. Untuk bisa membuka kartu ATM kembali, kamu harus menghubungi call center bank terkait. Dengan begitu, proses transaksi pengambilan uang di ATM menjadi lebih lama atau bisa saja transaksimu menjadi tertunda.

3. Jangan langsung tinggalkan mesin ATM

Tidak jarang pengguna mesin ATM meninggalkan kartu ATM-nya karena terlalu cepat meninggalkan mesin ATM.

Maka dari itu, pastikan kembali transaksi memang benar-benar sudah selesai. Selain itu, juga perlu dipastikan kartu ATM telah diambil sebelum meninggalkan mesin ATM.
 

Ambil uang di ATM tanpa kartu

Kemajuan teknologi perbankan semakin meningkat. Kini, kamu juga bisa mengambil uang tanpa kartu debit. Sejak awal tahun 2019, cara ini sudah banyak dikembangkan pihak bank demi kemudahan transaksi nasabah khususnya mereka yang lupa, ketinggalan, atau kehilangan kartu ATM.

Penasaran bagaimana cara ambil uang di mesin ATM tanpa harus memasukkan kartu debit? Bisa kok, cara ini aman karena mengandalkan sistem dan teknologi mobile banking dari masing-masing bank yang nantinya akan mengirimkan Kode Tarik Tunai yang akan dimasukkan ke mesin ATM bank sebagai kunci untuk pengambilan uang tunai tanpa kartu debit.

Related Topics

Related Articles