Comscore Tracker
FINANCE

Cara Transfer Uang Dari Luar Negeri dengan Mudah

Penting untuk mengetahui cara transfer uang dari luar negeri

Cara Transfer Uang Dari Luar Negeri dengan MudahShutterstock/senengmotret

by Tubagus Imam Satrio

Kemajuan teknologi dan internet memungkinkan orang-orang untuk saling terhubung meskipun berbeda negara. Tak jarang banyak yang akhirnya saling bertransaksi baik untuk pekerjaan, jual beli online, dan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara transfer uang dari luar negeri. 

Tahapan cara transfer uang dari luar negeri

Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda, sehingga terjadi perbedaan nominal ketika sudah dikonversikan dari mata uang luar negeri. Sebenarnya transfer uang dari luar negeri bukan hal yang sulit dan tidak membutuhkan tahapan yang rumit. Namun, penting untuk memperhatikan beberapa hal. 

Mulai dari waktu proses, nilai tukar, hingga persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Proses transfer pun bisa dilakukan baik langsung melalui bank yang digunakan atau aplikasi pihak ketiga. Sebelum melakukan transfer, pastikan untuk mengikuti tahapan berikut ini terlebih dahulu, di antaranya:

1. Mengumpulkan Informasi yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika akan menerima transfer dari luar negeri adalah pastikan sudah mengirim informasi yang dibutuhkan untuk transaksi ke pengirim. Setiap bank atau layanan biasanya memiliki syarat dan ketentuan yang bervariasi. 

Informasi yang harus Anda siapkan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Nama lengkap dan alamat penerima
  • Jumlah uang yang akan ditransfer
  • Nama dan alamat bank penerima
  • Nomor dan jenis rekening bank penerima
  • Nomor routing bank penerima
  • Kode BIC atau SWIFT bank penerima
  • Referensi transfer

2. Memeriksa Biaya Transfer Uang

Sama halnya ketika transfer antar bank, biasanya akan dikenakan charge untuk biaya transfer. Begitu pun dengan uang internasional. Contohnya jika transfer menggunakan SWIFT, maka pengirim akan dikenakan biaya kirim yang mana bisa dipilih apakah akan ditanggung oleh pengirim atau penerima. 

3. Mengetahui Durasi Waktu Transfer

Proses pengiriman uang internasional tentu durasinya tidak bisa disamakan dengan transfer yang masih dalam satu negara dengan mata uang sama. Transfer uang dari luar negeri akan membutuhkan waktu yang lebih lama dengan durasi yang cukup beragam mulai dari 1–5 hari kerja. 

Hal ini penting untuk diketahui oleh kedua belah pihak agar tidak ada saling menyalahkan ketika uang yang ditransfer tidak dikirim sesuai waktu yang diharapkan. Karena butuh proses dan waktu yang lebih lama mengingat jenis mata uangnya berbeda.

Cara menerima transferan dari luar negeri

Saat menerima transfer dari luar negeri, sebagai penerima tentu harus memahami kurs mata uang yang sedang berlaku pada hari itu. Biasanya pihak bank juga perlu untuk memberlakukan mark up untuk mendapatkan keuntungan dari transaksi penukaran uang. Berikut ini beberapa cara menerima uang dari luar negeri, di antaranya:

1. Western Union

Jika Anda pengguna Western Union, maka ada beberapa tahapan yang harus diikuti. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Lacak proses transfer melalui situs web WU.com
  • Masukkan MTCN atau nomor pelacakan untuk mencari tahu status info terbaru
  • Datangi agen Western Union terdekat setelah menemukan informasi pengiriman uang yang sesuai
  • Isi formulir Terima Uang
  • Lengkapi sejumlah data mulai dari nama pengirim, negara pengirim, jumlah yang dikirim, MTCN, serta tanda pengenal
  • Western Union akan membayarkan uang secara tunai

2. PayPal

Platform ini termasuk yang paling banyak digunakan untuk melakukan transaksi transfer uang internasional dari luar negeri. Untuk dapat menerima transferan dengan menggunakan aplikasi ini, maka kedua belah pihak harus dipastikan memiliki akun PayPal. 

Pengirim dapat mentransfer uang melalui nomor telepon atau alamat email penerima. Jika belum memiliki akun PayPal, maka sebaiknya segera membuka rekening agar bisa mengeklaim transferan uang yang dikirimkan. 

Dana yang sudah dikirimkan ke akun PayPal bisa ditransfer ke rekening bank melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Wallet Saya
  • Klik Transfer Dana
  • Pilih dan klik Transfer ke rekening bank yang ingin dituju
  • Masukkan sejumlah dana yang ingin ditarik, lalu periksa transfer sudah sesuai atau belum
  • Klik Transfer Sekarang

Perlu diketahui bahwa dalam proses penarikan uang dari aplikasi ini, maka akan dibebankan biaya.
 

3. Bank BCA

Bagi pengguna BCA, Anda juga dapat menerima transfer uang dari luar negeri secara langsung dengan dikreditkan ke rekening BCA melalui layanan khusus Fire Cash bank. Selain dengan layanan tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan fitur lainnya seperti Trans Fat, Money Gram, dan Xpress Money. 

4. Bank BRI

Bank Republik Indonesia juga menyediakan layanan untuk menerima uang dari luar negeri melalui produk khusus BRI Remittance. Fitur ini terdiri dari incoming remittance untuk mengirim uang dari luar negeri melalui telegraphic transfer dan outgoing remittance untuk mengirim dana hingga lebih dari 1200 bank yang sudah bekerja sama. 

Proses transfer uang dari luar negeri melalui bank ini sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pengirim dari luar negeri datang langsung ke Remittance company yang sudah bekerja sama dengan BRI
  • Isi form pengiriman uang
  • Lengkapi nama lengkap, alamat, dan nomor rekening
  • Dana akan langsung ditransfer ke rekening Anda

5. BNI

Bank Negara Indonesia kini sudah memiliki cabang di luar negeri dan Anda bisa melakukan transfer uang internasional melalui produk Smart Remittance untuk menerima dan mengirim uang. Jenis fitur yang tersedia pada produk ini terdiri dari Incoming Transfer dan Outgoing Transfer. 

6. Mandiri

Transfer dari luar negeri juga bisa dilakukan melalui Bank Mandiri meskipun saat ini masih terbatas ke beberapa negara saja. Pengirim harus mendatangi langsung kantor cabang BNI yang ada di luar negeri untuk melakukan transfer. 

Cara transfer uang dari luar negeri pada dasarnya sangat mudah untuk dilakukan. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa nilai biaya transfer yang dikenakan biasanya lebih tinggi. 

Related Articles