Comscore Tracker
FINANCE

Bisa Transaksi di Thailand, Apa Kabar QRIS BSI, PermataBank dan DANA?

Transaksi QRIS di BSI mencapai Rp524 miliar.

Bisa Transaksi di Thailand, Apa Kabar QRIS BSI, PermataBank dan DANA?Ilustrasi QRIS/Shutterstoch Ahmad Saifulloh

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Delapan penyelenggaraan jasa pembayaran (PJP) baik bank maupun non-bank sudah bisa menggunakan QRIS antarnegara di Indonesia dan Thailand.  

Dengan hadirnya sistem pembayaran ini, QRIS sudah dapat digunakan di Thailand. Kini, masyarakat hanya memindai atau scan barcode untuk melakukan transaksi di Thailand, mereka tidak perlu menggunakan uang atau valuta asing sehingga perjalanan ke luar negeri menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman. 

Di antara delapan lembaga keuangan yang sudah bisa menerapkan fitur tersebut ialah BSI, PermataBank hingga DANA. Lantas, seperti apa perkembangan QRIS dari ketiga lembaga tersebut? 

Transaksi QRIS di PermataBank tumbuh 418%

Untuk mendukung inisiasi pemerintah dalam memperkuat ekosistem perbankan, PermataBank sebagai bagian dari Bangkok Bank Group siap menghadirkan inovasi teknologi untuk permudah transaksi lintas negara melalui QR Pay Cross-Border. PermataBank menghadirkan fitur QR Pay Cross-Border dalam aplikasi mobile banking PermataMobile X. 

Direktur Utama PermataBank Meliza M. Rusli mengatakan, implementasi QRIS antar negara menjadi sebuah alat transaksi antar negara, terutama ASEAN agar lebih efisien. Dengan begitu, transaksi UMKM dan dunia pariwisata antar negara pun menjadi lebih mudah. 

“Dengan semakin mudahnya akses transaksi lintas negara menggunakan QR code, hal ini membuka kesempatan bagi UMKM dan pariwisata Indonesia untuk menjangkau pasar global," kata Meliza melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (31/8). 

Sejak peluncurannya, perkembangan transaksi QR di PermataBank melalui aplikasi PermataMobile X terus meningkat pesat dengan data per Juli 2022 yang naik 418 persem year-on-year (yoy). Hal ini juga diikuti dengan meningkatnya volume transaksi QR via PermataMobile X sebesar 528 persen yoy. 

Transaksi QRIS di BSI mencapai Rp524 miliar

Bank Syariah Indonesia (BSI)

Selain itu, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) juga menjadi PJP QRIS antara Indonesia-Thailand. Lewat kerjasama itu, nasabah BSI dan masyarakat Indonesia sudah bisa menggunakan QRIS via BSI Mobile untuk bertransaksi di Thailand. 

Seiring dengan pemberlakukan QRIS antar negara, Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan pihaknya menyambut baik adanya kerja sama antara Indonesia-Thailand terkait penyelenggaraan jasa pembayaran berbasis QR Code. 

"BSI melalui transformasi yang ditempuh perseroan akan terus berinovasi dan melakukan terobosan-terobosan guna meningkatkan layanan digitalnya melalui BSI Mobile," kata Hery Gunardi melalui keterangan resmi (31/8). 

Dengan tersambungnya sistem pembayaran QRIS BSI di Thailand, lanjut Hery, tentu akan mempermudah nasabah dan wisatawan Indonesia dalam bertransaksi secara nontunai di negeri Gajah Putih tersebut.  Konektivitas pembayaran di ASEAN juga dinilai akan semakin inklusif, transaksi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan dunia pariwisata antar kedua negara pun menjadi lebih mudah. Pasalnya, kedua negara memiliki banyak potensi wisata halal yang memiliki prospek untuk terus berkembang. 

“BSI siap menghadirkan kemudahan bagi nasabah dan wisatawan untuk berbagai  kebutuhan transaksi digital melalui QRIS BSI Mobile," kata Hery. 

Pemberlakukan QRIS antar negara ini juga diyakini dapat mendorong pertumbuhan penggunaan layanan BSI mobile. Sebagaimana diketahui, Per Juni 2022, pengguna BSI Mobile telah mencapai 4,07 juta, naik sebesar 81 persen secara tahunan, dengan transaksi kumulatif BSI Mobile per Juni 2022 mencapai 117,72 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp119 miliar.  

Adapun transaksi QRIS BSI juga terus meningkat secara signifikan. Pada Januari hingga Juni 2022, total transaksi QRIS BSI sebesar 2,7 juta transaksi dengan nilai mencapai Rp524 miliar. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yaitu sebanyak 459 ribu transaksi dengan nilai sebesar Rp37 miliar.

500 ribu mitra DANA telah menerapkan QRIS

Ilustrasi penggunaan DANA.

Selain perbankan, startup DANA juga menjadi PJP yang bisa melakukan interkoneksi QRIS antar Indonesia dan Thailand. Dengan begitu, pengguna aplikasi DANA yang melakukan perjalanan ke Thailand, saat ini sudah dapat menikmati kemudahan pembayaran kepada beberapa merchant di Thailand seperti merchant Bangkok Bank, dengan cara memindai QR di merchant tersebut melalui aplikasi DANA. Begitu pula turis Thailand yang datang ke Indonesia dan berbelanja di merchant QRIS DANA, tentu dapat melakukan pembayaran dengan mudah di merchant melalui aplikasi pembayaran Thailand miliknya. 

 Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia mengatakan,sebagai dompet digital pertama yang menerapkan QR Cross Border, implementasi ini selaras dengan visi DANA untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sebagaimana prioritas strategis Pemerintah Indonesia dan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025. 

“Selama ini peningkatan adopsi QRIS selalu kami dampingi dengan edukasi yang berkelanjutan, baik untuk UMKM maupun masyarakat umum di seluruh Tanah Air," kata Vince. 

Dalam mendukung akselerasi adopsi QRIS misalnya, DANA turut memudahkan proses onboarding mandiri mitra di berbagai skala, melalui kemudahan integrasi yang DANA miliki. DANA kini telah dipercaya oleh lebih dari 23,5 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, termasuk 500 ribu UMKM mitra DANA Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran

Related Articles