FINANCE

CIMB Niaga Salurkan Pembiayaan Syariah Rp300 Miliar bangun Green Mall

Pembangunan green mall gandeng NWP Property.

CIMB Niaga Salurkan Pembiayaan Syariah Rp300 Miliar bangun Green MallCIMB Niaga Apresiasi Nasabah di Harpelnas 2023/Dok CIMB Niaga
04 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta,FORTUNE- PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyalurkan Pembiayaan Syariah dengan akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) berbasis Sustainability-Linked Financing (SLF) senilai Rp300 miliar untuk pembangunan green mall. 

Kerja sama pembiayaan itu dilakukan perseroan dengan menggandeng PT Nirvana Wastu Jaya Pratama (NWJP), anak usaha Nirwana Wastu Pratama Property Group (NWP Property) dan PT City Retail Developments Tbk. 

Head of Corporate Banking CIMB Niaga Miranty Supardi mengatakan, SLF ini sejalan dengan komitmen untuk mendorong praktik bisnis yang bertanggung jawab sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dan mendukung transisi menuju ekonomi yang lebih hijau serta upaya pengembangan keuangan syariah di Indonesia. 

"Pembiayaan ini merupakan transaksi dengan skema Sustainability-Linked ke-empat yang kami bukukan di CIMB Niaga dan ke depan kami akan terus mengembangkannya," kata Miranty melalui keterangan resminya di Jakarta, Selasa (4/6). 

CIMB Niaga akan beri bunga khusus

deposito bank
Ilustrasi deposito bank (unsplash/towfiqu barbhuiya)

SLF atau dalam skema konvensional dikenal juga sebagai Sustainability-Linked Loan (SLL), adalah salah satu jenis pembiayaan yang mengedepankan inovasi untuk mendorong debitur melakukan praktik-praktik keberlanjutan terbaik melalui target kinerja keberlanjutan yang ambisius sesuai kesepakatan. 

Nantinya, dana dari fasilitas pembiayaan ini dialokasikan untuk mendukung operasional dan keberlangsungan bisnis The Park Mall Semarang, salah satu pusat perbelanjaan di Jawa Tengah.  

Bank akan memberikan penyesuaian suku bunga sesuai dengan capaian SPT tersebut. Praktik terbaik keberlanjutan yang ingin didorong pada pembiayaan ini di antaraya berupa efisiensi energi dan sertifikasi bangunan hijau untuk The Park Mall. 

Chief Financial Officer NWP Property Nikolaus Dharmawan mengatakan, kerja sama pembiayaan SLF ini tidak hanya mendukung pertumbuhan bisnis, tetapi juga memperkuat komitmen NWP terhadap ESG. 

"Dengan memanfaatkan pembiayaan berbasis SLF, kami berupaya untuk mencapai standar efisiensi energi dan sertifikasi green building pada pusat perbelanjaan yang kami kembangkan," kata Nikolaus. 

Skema pembiayaan SLF bagi pusat perbelanjaan The Park Mall Semarang ini diharapkan dapat menjadi contoh bahwa investasi yang bertanggung jawab dapat menghasilkan keuntungan jangka panjang yang berkelanjutan.

Keberhasilan proyek ini akan membuka jalan bagi lebih banyak inisiatif serupa di masa mendatang, memperkuat upaya Indonesia dalam mencapai target-target penurunan emisi gas rumah kaca, dan mitigasi perubahan iklim.

Related Topics