FINANCE

Fasilitasi Pembiayaan Rumah MBR, BTN Raih Penghargaan dari Asia Money

53,5 persen kredit BTN disalurkan ke bisnis berkelanjutan.

Fasilitasi Pembiayaan Rumah MBR, BTN Raih Penghargaan dari Asia MoneyFasilitasi Pembiayaan Rumah MBR, BTN Raih Penghargaan dari Asia Money/Dok BTN
27 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus mendukung pemenuhan kebutuhan rumah bagi keluarga atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) melalui sejumlah program. 

Salah satunya yakni melalui kolaborasi apik antara produk bisnis dan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL/Corporate Social Responsibility), yang berfokus mendukung keluarga di Indonesia untuk memiliki rumah dan hidup dengan layak. Atas upaya tersebut, BTN meraih penghargaan internasional bertajuk “Best Bank for CSR in Indonesia” dari Asia Money. 

Wakil Direktur Utama Bank BTN, Oni Febriarto Rahardjo mengatakan perseroan terus bertransformasi sehingga dapat tumbuh berkelanjutan 

“Penghargaan ini menjadi apreasiasi sekaligus penanda bahwa kami telah melakukan program TJSL yang ontrack dengan misi Bank BTN yakni memenuhi kebutuhan rumah di Indonesia,” ujar Oni usai menerima penghargaan Best Bank for CSR in Indonesia melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (27/9).

BPS kategorikan backlog rumah dalam 2 kelompok 

rumah lelang
ilustrasi rumah lelang (unsplash.com/Tierra Mallorca)

Predikat Best Bank for CSR in Indonesia tersebut disematkan kepada Bank BTN juga atas sepak terjang perseroan dalam penyediaan rumah dan dukungan bagi keluarga atau MBR serta pekerja informal. 

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) membedah angka kebutuhan rumah (backlog) di Indonesia didominasi dua kelompok. Kelompok pertama yang mencapai 2,2 juta keluarga yakni masyarakat dengan penghasilan terendah atau di bawah Rp3 juta. Kemudian, kelompok kedua yakni masyarakat berpenghasilan rendah dan informal dengan upah berkisar Rp3 juta- Rp8,5 juta sebanyak 7,3 juta keluarga. 

Oni menambahkan, kolaborasi bisnis dan program TJSL Bank BTN untuk merangkul para keluarga tersebut yakni dengan menyediakan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN Mikro bagi kelompok masyarakat dengan penghasilan terendah. Bank BTN juga menjadi satu-satunya bank yang menyediakan KPR Rent to Own bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan pekerja informal. 

53,5 persen kredit Bank BTN disalurkan ke bisnis berkelanjutan

Ilustrasi Ketersediaan Uang Tunai Bank BTN/Dok BTN

Related Topics