FINANCE

HSBC Indonesia Salurkan Green Loan Senilai US$30 juta ke EFishery

Pembiayaan untuk tambah modal kerja eFishery.

HSBC Indonesia Salurkan Green Loan Senilai US$30 juta ke EFisheryHSBC Salurkan Green Loan Senilai US$30 juta ke EFishery
31 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) menyalurkan green and social loan senilai US$30 juta kepada startup pionir aquatech EFishery

Managing Director Head of Wholesale Banking HSBC Indonesia, Riko Tasmaya mengatakan, upaya ini merupakan bagian untuk mendukung pertumbuhan sektor ekonomi baru berbasis platform di Indonesia. "Sekaligus mendukung sektor akuakultur di Indonesia untuk menerapkan praktik berkelanjutan di sepanjang rantai pasokannya," kata Riko di Jakarta, Jumat (31/5). 

HSBC Indonesia juga diberi mandat sebagai sustainable finance coordinator untuk eFishery guna membantu ambisi perusahaan untuk mengintegrasikan aspek-aspek ESG dalam operasi bisnis mereka. 

Pembiayaan untuk tambah modal kerja eFishery

Puluhan perahu nelayan bersandar di sungai kawasan Cemandi, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (6/9).
Puluhan perahu nelayan bersandar di sungai kawasan Cemandi, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (6/9). (ANTARAFOTO/Umarul Faruq)

Pembiayaan itu nantinya digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja eFishery. Pinjaman ini tentu akan memungkinkan eFishery untuk memperluas armada eFeeder mereka. Inovasi teknologi pertama eFishery berupa perangkat pemberian pakan otomatis menggunakan Artificial Intelligence of Things (AloT), yang akan disewakan kepada ratusan ribu pembudidaya ikan skala kecil dalam jaringan mereka. 

Gibran Huzaifah, salah satu pendiri dan CEO eFishery mengatakan, pendanaan ini akan memungkinkan pihaknya memperluas armada eFeeder dan memberdayakan pembudidaya ikan dan petambak udang skala kecil dengan teknologi dan sumber daya yang mereka perlukan, agar lebih produktif dan berkelanjutan. 

"Kami yakin kemitraan dengan HSBC ini akan membantu kami mencapai ambisi pertumbuhan dan membangun sektor akuakultur yang berkembang di Indonesia," kata Gibran. 

EFeeder tingkatkan efisiensi pakan

Ikustrasi eFishery. (Doc: https://efishery.com/)

Related Topics