Comscore Tracker
FINANCE

Ingin Tukar Uang Kecil? Intip Ketersediaan Uang Tunai BNI dan BCA

Perbankan pastikan ketersediaan uang tunai untuk Lebaran.

Ingin Tukar Uang Kecil? Intip Ketersediaan Uang Tunai BNI dan BCAWarga memperlihatkan uang rupiah usai melakukan penukaran di loket layanan Bank Indonesia di Cilegon, Banten, Kamis (7/4)/ Antara Foto

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Peningkatan konsumsi dan mobilitas masyarakat pada periode Ramadan dan Libur Lebaran tahun ini diprediksi akan meningkatkan kebutuhan uang tunai. 

Oleh karena itu perbankan telah menyiapkan ketersediaan uang tunai untuk bisa ditukarkan oleh masyarakat. Di antaranya ialah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

 

BNI siapkan uang tunai Rp 17,81 triliun per pekan

Corporate Secretary BNI Mucharom menuturkan, perseroan saat ini mempersiapkan uang tunai pada periode Ramadhan dan Libur Lebaran tahun ini adalah rata-rata Rp 17,81 triliun per pekan. Dana tersebut naik 12,87 persen dari periode sama tahun lalu. 

"Itu telah kami persiapkan termasuk jika terdapat penambahan cuti bersama, kebutuhan uang tunai tentunya akan lebih tinggi lagi," kata Mucharom melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (8/4). 

BNI juga menyiapkan lokasi-lokasi penarikan uang tunai bagi masyarakat, yaitu di BNI ATM, mesin ATM Setor Tarik Tunai (Cash Recycle Machine/CRM), dan cabang. Penarikan uang tunai di BNI menjadi lebih mudah karena banyaknya variasi fasilitas penarikannya.

Antisipasi padatnya transaksi, BNI perkuat infrastruktur digital

Selain melayani penarikan uang tunai, BNI juga secara proaktif memastikan dan mempersiapkan backend solusi layanan pada kanal - kanal digitalnya. Hal tersebut sebagai antisipasi kebutuhan transaksi digital yang juga diproyeksikan menguat pada tahun ini. Oleh karena itu, selain melalui kanal digital seperti ATM dan CRM, BNI juga mempersiapkan layanan yang tangguh untuk transaksi digital pada BNI Mobile Banking. 

Kepercayaan konsumsi meningkat ini akan menjadi momentum ekspansi kinerja kartu kredit yang sejak dua tahun terakhir melambat. 

"Dengan berbagai upaya tersebut BNI pun optimistis volume transaksi kartu kredit dalam 2 bulan ke depan dapat tumbuh minimal 5 persen secara tahunan, yang ber-impact pada pertumbuhan outstanding kartu kredit minimal 1 persen," imbuh Mucharom.

BCA siapkan uang tunai Rp58,12 triliun

Selain BNI, bank lain yang juga mempersiapkan ketersediaan uang tunai ialah BCA. Mengantisipasi peningkatan permintaan masyarakat terhadap uang tunai untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan hingga Idul Fitri, tahun ini BCA menyediakan uang tunai Rp58,12 triliun atau naik sebesar 7 persen dari tahun 2021.  

Bekerjasama dengan Bank Indonesia, BCA turut berpartisipasi dalam kegiatan Serambi Rupiah Ramadan untuk menyediakan kebutuhan uang Rupiah selama Ramadan. 

"Kami mendukung program ini dengan turut serta menghadirkan Layanan penukaran uang yang dapat dilakukan di kantor cabang maupun di mobil kas keliling serta menambahkan ketersediaan uang tunai untuk  melayani masyarakat di bulan Ramadan,” ujar Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono melalui keterangan resmi (4/4). 

Layanan penukaran uang Rupiah di kantor cabang bank berlangsung mulai dari 4 sampai 29 April 2022. Untuk area Jabodetabek, mobil kas keliling BCA akan memberikan fasilitas penukaran uang kecil di terminal Kampung Rambutan, Jakarta mulai tanggal 18 sampai 29 April 2022. 

BCA pun senantiasa menghimbau bagi seluruh nasabah yang ingin melakukan penukaran uang untuk turut menjaga protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

Related Articles