Comscore Tracker
FINANCE

Ini Pengertian dan Fungsi CVV, Kode Tiga Digit di Belakang Kartu ATM

Ini fungsi CVV di kartu ATM.

Ini Pengertian dan Fungsi CVV, Kode Tiga Digit di Belakang Kartu ATMilustrasi kartu kredit (pexels.com/dokumen instimewa)

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Bagi pengguna kartu debit dan kredit bank, istilah Card Verification Value atau CVV yang melekat di kartu barang kali sudah tidak asing lagi bagi nasabah.  Kode tersebut kerap digunakan untuk pembayaran online.

Dikutip dari laman CVV Number, CVV adalah tiga digit terakhir yang ada di balik kartu ATM. Beberapa CVV kartu kredit juga lazim berisi empat digit. Selain itu, CVV juga kerap disebut dengan CVC (Card Verification Code) sesuai dengan perusahaan penerbit kartu bank. Jika kartu berlogo VISA menggunakan istilah CVV, sedangkan untuk kartu kredit dan debit berlogo Mastercard menggunakan istilah CVC.

Lantas seperti apa fungsi dan cara kerja CVV?

Ini fungsi CVV di kartu ATM

CVV Ialah kode pengaman transaksi bagi sebuah kartu ATM. Meski terpampang jelas pada bagian belakang kartu ATM, CVV adalah nomor digit yang bersifat sangat rahasia. Untuk menghindari penyalahgunaan transaksi, nasabah diimbau untuk tidak memberikan nomor CVV kartu debit maupun kredit kepada orang lain.

Dalam penerbitan kartu ATM, bank akan menetapkan 16 digit unik bersama dengan tiga atau empat kode CVV di belakangnya. Kode CVV ini terpisah dari 16 digit tersebut dan tercetak di bagian ujung kanan pita magnetic kartu ATM.

CVV juga berfungsi sebagai Secure Socket Layer (SSL) yang merupakan teknologi sertifikasi keamanan digital untuk mencegah kejahatan.

Selain itu, CVV juga berfungsi sebagai jaminan pihak bank untuk mempercayai transaksi online dilakukan oleh pemilik kartu dalam nominal besar. Pasalnya, jika nasabah tidak menyertakan CVV, maka proses pembayaran akan ditolak dan otomatis, bahkan kartu kredit, biasanya kartu akan terblokir.

CVV berbeda dengan PIN

ilustrasi menggunakan kartu kredit

Perlu diketahui bersama, CVV bukan merupakan kode pin kartu ATM. Bagi bank, CVV adalah kode pengganti dari PIN dan tanda tangan yang biasanya digunakan sebagai verifikasi bahwa pemegang kartu atau nasabah memang pemilik kartu saat menyelesaikan transaksi baik secara online maupun offline.

Berikut ini perbedaan CVV dan pin:

  • Pin sepenuhnya diatur oleh nasabah bank, sedangkan CVV adalah kode unik yang diberikan bank saat menerbitkan kartu ATM
  • Pin ATM bank bisa diubah setiap saat nasabah, sementara CVV kode yang bersifat permanen
  • Pin dipakai saat nasabah melakukan transaksi offline atau fisik, sementara CVV adalah kode yang diperlukan saat melakukan transaksi online

Related Articles