FINANCE

Ini Strategi Pendanaan Mandiri Capital Hadapi Tahun 2024

Ekosistem binaan MCI mencapai 23 startup.

Ini Strategi Pendanaan Mandiri Capital Hadapi Tahun 2024Ilustrasi Mandiri Capital Indonesia (MCI)/Dok MCI

by Suheriadi

17 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta,FORTUNE - PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) terus berkomitmen pengembangan ekosistem startup dan bisnis dalam memasuki 2024. Corporate Venture Capital yang berada di bawah naungan Bank Mandiri ini  juga meningkatkan komitmennya untuk menciptakan value creation demi mencapai bisnis yang inovatif dan berkelanjutan.

CEO Mandiri Capital Indonesia, Ronald Simorangkir mengatakan, fokus utama MCI tidak hanya pada penciptaan nilai finansial, tetapi juga pada value creation dalam aktivitas bisnis. 

“Melalui banyaknya anak perusahaan yang dimiliki oleh Mandiri Group, ini mampu menciptakan banyak peluang dan akses jaringan yang luas kepada para startup untuk mengembangkan solusi dan inovasi bisnis yang berdampak dan berkelanjutan. Oleh karena itu, MCI hadir untuk mewadahi startup / technology companies, salah satunya adalah melalui rangkaian program XYZ yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para startup di berbagai tahapan perkembangannya. Komitmen ini diharapkan mampu membawa perubahan sekaligus menciptakan bisnis yang memiliki value dan impact untuk masyarakat luas,”  ungkap Ronald saat ditemui di Menara Mandiri II Jakarta, Rabu (17/1).
 

Ekosistem binaan MCI mencapai 23 startup

Jajaran Direksi Mandiri Capital Indonesia/Dok MCI

Secara total, pada tahun 2023 MCI memiliki ekosistem 23 technologies companies binaan dari berbagai sektor / agnostic. Lebih dari itu, MCI juga telah menginisiasi berbagai aktivitas pendanaan. 

Inovasi baru yang dirancang MCI adalah kolaborasi bersama lima Corporate Venture Capital (CVC) dari BUMN dalam pembentukan Merah Putih Fund, pembentukan BTN Fund bersama Bank BTN, sekaligus kerja sama strategis bersama dengan Investible untuk mengelola Mandiri Investible Global Climate Tech Fund yang ditujukan untuk mendukung startup di sektor Climate Tech di Asia Tenggara dan Oceania.

“Selain itu, MCI juga memberikan peluang untuk 23 startup portofolio kami untuk mengakses new markets, termasuk ekspansi ke pasar internasional,” ungkap Direktur Investasi Mandiri Capital Indonesia, Dennis Pratistha.

Ini prioritas investasi MCI di 2024

ilustrasi menemukan rencana bisnisilustrasi membuat rencana bisnis (Unsplash.com/Per Lööv)