Comscore Tracker
FINANCE

Jadi Komisaris Bank Danamon, Ini Jejak Karier Halim Alamsyah

Halim Alamsyah mantan Ketua DK LPS 2015-2020.

Jadi Komisaris Bank Danamon, Ini Jejak Karier Halim AlamsyahHalim Alamsyah Komisaris Bank Danamon

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE  – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) dengan 1 (satu) mata acara  mengenai Persetujuan Perubahan Komposisi Anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

Dalam RUPS-LB para pemegang saham telah menyetujui pengangkatan Halim Alamsyah sebagai Komisaris Independen Bank Danamon. Rapat tersebut juga menerima pengunduran diri Michellina Laksmi Triwardhany selaku Wakil Direktur Utama Perseroan  yang akan efektif pada 4 September 2021 dan Adnan Qayum Khan selaku Direktur Risiko Terpadu Perseroan yang efektif pada 24 Juli 2021.  

“Pengangkatan Halim Alamsyah sebagai Komisaris Independen dapat semakin memperkuat tata kelola yang baik di Danamon. Dengan pengalaman beliau yang ekstensif di industri keuangan, kami yakin dapat memberikan kontribusi positif guna mendukung dan memperkuat pertumbuhan bank," ujar Direktur Utama Danamon, Yasushi Itagaki melalui keterangan resminya di Jakarta (26/8).

Nama Halim Alamsyah merupakan sosok yang cukup dikenal pada bidang regulasi industri keuangan Indonesia. Sebab, Halim sempat mengisi beberapa jabatan di Bank Indonesia (BI) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Berikut jejak karier Halim Alamsyah di industri keuangan nasional:  

Raih gelar doktor ekonomi moneter

Halim merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta dan Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Setelah itu, Halim melanjutkan pendidikan hingga meraih gelar Master of Arts (M.A.) Bidang Ekonomi Pembangunan dari Boston University, Amerika Serikat. Tak berhenti di situ, Halim kembali meraih gelar Doktor di Bidang Ekonomi Moneter dari Universitas Indonesia.

Merintis karir di BI

Halim tercatat telah merintis karier di BI sebagai staf analis kredit dalam urusan kredit koperasi pada 1982. Selama 23 tahun, Halim mendedikasikan diri pada bidang riset moneter hingga berkonsentrasi pada regulasi, pemantauan, serta riset di bidang perbankan dan finansial dalam satu dekade terakhir. 

Setelah mengisi posisi direktur di sejumlah Direktorat di BI, Halim berhasil menjabat Deputi Gubernur BI pada 1 Juni 2010 dengan masa jabatan dari 17 Juni 2010 hingga 17 Juni 2015. Sedangkan pada 18 Juli 2012 Halim juga diangkat sebagai Anggota Dewan Komisioner OJK (ex officio BI) untuk masa jabatan dari 18 Juli 2012 sampai 18 Juli 2015. 

Jabat Ketua DK LPS

Puncak karier Halim tercatat menjabat sebagai anggota merangkap Ketua Dewan Komisioner LPS pada 24 September 2015 melalui Keputusan Presiden nomor 158/M/2015 tanggal 21 September 2015. Jabatan tersebut diembannya hingga September 2020 dan dilanjutkan oleh Purbaya Yudhi Sadewa. 

Saat ini, Halim tercatat masih menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Keuangan Syariah dan Keuangan. 

Susunan jajaran komisaris Bank Danamon

Setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, berikut susunan dewan komisaris Bank Danamon: 

1. Takayoshi Futae sebagai Komisaris Utama  
2. Prof. Dr. J.B. Kristiadi Pudjosukanto sebagai Wakil Komisaris Utama (Independen) 
3. Peter Benyamin Stok sebagai Komisaris (Independen) 
4. Nobuya Kawasaki sebagai Komisaris 
5. Hedy Maria Helena Lapian sebagai Komisaris (Independen) 
6. Takanori Sazaki sebagai Komisaris*) 
7. Dan Harsono sebagai Komisaris*) 
8. Dr. Halim Alamsyah sebagai Komisaris Independen*) 

*) berlaku efektif setelah lulus uji kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan

Related Articles