FINANCE

Kinerja Amar Bank Melejit, Mampu Dipertahankan?

Ini perkiraan harga saham Amar Bank.

Kinerja Amar Bank Melejit, Mampu Dipertahankan?Ilustrasi Amar Bank/Dok Amar Bank

by Suheriadi

13 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kinerja PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) mampu tumbuh signifikan di kuartal III-2023 dengan pertumbuhan laba bersih secara year-on-year (YoY) sebesar 193,81 persen menjadi Rp162 miliar. 

Hal tersebut disokong oleh kenaikan pendapatan bunga bersih yang konsisten, penyaluran kredit yang stabil, hingga strategi inovatif yang diluncurkan. Lantas, akankah tren tersebut mampu dijaga ke depan? 

Dalam laporan Reliance Sekuritas, pihaknya memperkirakan laba bersih Amar Bank mampu dijaga pada akhir tahun 2023 ini. Bahkan, Reliance Sekuritas menilai laba Amar Bank mampu melampaui estimasi yang ditargetkan sebelumnya sebesar Rp84,9 miliar. 

Amar Bank terus berupaya menjaga NPL

mengajukan restrukturisasi kreditilustrasi mengajukan restrukturisasi kredit (unsplash.com/Van Tay Media)

Laba tersebut tentu didorong oleh pendapatan bunga bersih Amar Bank secara tahunan yang meningkat 28,29 persen menjadi Rp643,84 miliar. 

"Dua faktor pendorong berasal dari pertumbuhan kredit yang kuat sebesar 15,56 persen (yoy) dan penurunan signifikan pada beban bunga sebesar 48,92 persen (yoy) atau sebesar Rp52,92 miliar," tulis laporan yang dikutip di Jakarta, Rabu (13/12). 

Dalam menjaga pertumbuhan ini, salah satu yang harus diantisipasi Amar Bank ialah menjaga dan menekan kredit macet. Untuk itu, bank tetap fokus pada penerapan strategi yang tepat serta mengedepankan prinsip kehati-hatian. Terbukti dari tingkat non-performing loan (NPL) yang turun 28 Bps QoQ menjadi 1,56 persen di kuartal III-2023. 

"Sebagai trailblazing digital bank yang memanfaatkan teknologi terbaru untuk memberikan solusi keuangan inovatif, Amar Bank terus berkomitmen menghadirkan layanan keuangan digital yang komprehensif untuk meningkatkan kualitas hidup individu dan mendukung UMKM," kata Vishal Tulsian selakuvPresiden Direktur Amar Bank.

Ini perkiraan harga saham Amar Bank

Amar Bank di Bursa Efek Indonesia/Dok Amar Bank

Related Topics