Comscore Tracker
FINANCE

Meski Harga Properti Naik 20%, PermataBank Sebut KPR Masih Menarik

Kredit KPR dan KPA perbankan masih tumbuh 7,7%.

Meski Harga Properti Naik 20%, PermataBank Sebut KPR Masih MenarikIlustrasi KPR Perumahan/ Shuterstock Gungpri

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Berdasarkan data konsumen dari Bank Indonesia (BI) pada kuartal I-2022, pembiayaan dengan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) masih menjadi pilihan utama dalam pembelian properti residensial dengan pangsa sebesar 69,54 persen dari total pembiayaan. 

Dengan kondisi tersebut, Division Head of Secure Lending (Mortgage & ICF) PermataBank, Rosalia Abadi, optimistis KPR masih tetap menarik dan rasional. 

“Tren kenaikan harga properti di Indonesia yang rata-rata di atas 6 persen atau bahkan bisa mencapai 20 persen pada kawasan tertentu, tentu saja menjadikan KPR sebagai pilihan yang paling rasional," kata Rosalia melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Selasa (11/10). 

Kredit KPR dan KPA masih tumbuh 7,7%

Berdasarkan data terbaru BI pada Agustus 2022, penyaluran kredit sektor properti tumbuh stabil 5,3 persen (yoy). Sedangkan untuk penyaluran kredit KPR dan kredit pemilikan apartemen (KPA) juga tumbuh 7,7 persen (yoy), setelah tumbuh 7,3 persen (yoy) pada Juli 2022. Pertumbuhan tersebut, terutama didorong oleh perkembangan kredit untuk pemilikan rumah tinggal tipe di atas 70. 

Sementara itu, kredit real estate juga tumbuh 10,3 persen (yoy), turun tipis setelah bulan sebelumnya tumbuh 11,0 persen (yoy). Penurunan terutama disebabkan oleh perkembangan kredit real estate gedung perbelanjaan (mal, plaza). Di sisi lain, kredit konstruksi terkontraksi sebesar 0,25 persen (yoy) setelah bulan sebelumnya terkontraksi sebesar 0,02 persen (yoy).

PermataBank raih penghargaan dari PIA 2022

Kebutuhan akan hunian dan properti yang semakin meningkat tentu mendorong PermataBank untuk terus memberikan layanan dan produk yang relevan dan efisien. PermataBank juga memiliki komitmen berkelanjutan untuk senantiasa memberikan nilai yang bermakna bagi nasabah. 

“Melalui produk PermataKPR, nasabah bisa menikmati berbagai fasilitas tambahan. Kami akan selalu memastikan proses pengajuan KPR berjalan aman sesuai dengan regulasi dan persyaratan yang diterapkan," kata Rosalia. 

Oleh sebab itu, PermataBank menerima penghargaan bergengsi Properti Indonesia Award (PIA) 2022 dalam kategori Supporting Property Business sebagai “The Consistent Bank in Mortgage Product and Process”. Penghargaan tersebut diberikan kepada PermataBank pada malam penganugerahan PIA 2022 yang diselenggarakan pada awal September 2022.

Related Articles