Comscore Tracker
FINANCE

Pacu Bisnis, Kredit UMKM BCA Tumbuh 19,6%

Gelar BCA UMKM Fest, undang 1.000 UMKM.

Pacu Bisnis, Kredit UMKM BCA Tumbuh 19,6%BCA UMKM Fest 2022/Dok BCA

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - UMKM telah menjadi salah satu tongkat penggerak perekonomian bangsa di tengah masa Pemulihan Ekonomi Nasional. 

Oleh karena itu, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) terus mendukung bisis UMKM. hingga Juni 2022, BCA telah menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp94,2 triliun, atau tumbuh hingga 19,6 persen secara tahunan atau year on year (yoy). 

Hal ini merupakan bagian dari upaya-upaya nyata BCA untuk memajukan bisnis UMKM agar dapat berkembang dan juga membantu menstimulasi pertumbuhan perkenomian Indonesia.  

Gelar BCA UMKM Fest

pedagang umkm juga harus mengetahui cara membuat NIB

Tak hanya itu, dalam mendukung UMKM, BCA kembali menghadirkan BCA UMKM Fest. Pada tahun ini, BCA UMKM Fest 2022 diselenggarakan secara hybrid, kegiatan offline dihelat pada 12-14 Agustus 2022 di Gandaria City, Jakarta, adapun online dilaksanakan pada 12 Agustus hingga 12 September 2022 di umkmfest.bca.co.id. 

"Penyelenggaraan BCA UMKM Fest ini bukan hanya mendorong perkembangan pelaku UMKM dan industri kreatif memenuhi pasar domestik, tapi juga membuka peluang go international melalui kegiatan Business Matching yang ada dalam rangkaian kegiatan ini,” ujar Direktur BCA John Kosasih melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (12/9). 

Hadirkan 1.000 UMKM yang berkesempatan ikuti business matching

Tercatat, lebih dari 1.000 UMKM mengikuti kegiatan ini. Dalam kegiatan business matching, BCA bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center, dan Bank Koresponden untuk mempersembahkan 86 UMKM yang berkesempatan masuk dalam pasar internasional.  

BCA menggandeng pelaku UMKM dan industri kreatif yang bergerak di berbagai industri, seperti makanan dan minuman, hobi, fashion, hingga kesehatan dan kecantikan. 

Selain para pelaku UMKM, nasabah BCA, kegiatan BCA UMKM Fest juga diikuti oleh lebih dari 300 pelaku UMKM binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Bank Indonesia, dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada. 

BCA juga menggandeng mitra e-commerce, yaitu Blibli dan Grab yang juga memiliki tujuan yang sama untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Related Topics

Related Articles