FINANCE

Wapres Minta Bursa Tak Ekslusif Untuk Perusahaan Besar

Wapres prediksi perdagangan bursa di 2024 masih positif.

Wapres Minta Bursa Tak Ekslusif Untuk Perusahaan BesarWakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat Membuka Perdagangan Bursa 2024

by Suheriadi

02 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengimbau kepada regulator perdagangan bursa seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) agar mengatur perdagangan bursa tidak lagi eksklusif milik korporasi besar, tapi juga rumah pendanaan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dengan demikian, penggunaan teknologi ini juga harus berbanding lurus dengan pengetahuan masyarakat, agar para pelaku UKM serta masyarakat umum dapat memperoleh akses pembiayaan dari pasar modal.

Hal tersebut disampaikan Wapres saat membuka perdagangan pertama tahun 2024 di BEI Jakarta. Dalam sambutannya, Ma’ruf juga menyampaikan 2 strategi penting lainnya untuk memajukan pasar modal Indonesia.

“Otoritas Jasa Keuangan (OJK)berperan krusial, khususnya dalam penyiapan strategi dan kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan. OJK juga diharapkan terus mendorong perluasan dan pemerataan akses keuangan, terutama produk pasar modal,” kata Ma’ruf di Jakarta, Selasa (2/1).


 

Wapres dorong pemanfaatan digital dan sinergi

Ilustrasi Analis, investor, trader menggunakan analitik aplikasi ponsel untuk menganalisis pasar saham. Shutterstock/insta_photos

Selain itu, Wapres juga mendorong BEI untuk melakukan peningkatan inovasi dan pemanfaatan teknologi digital dalam layanan kepada para investor di pasar modal. Ia menilai, pemanfaatan platform digital ini akan semakin mempermudah akses pasar modal dan menarik minat masyarakat, khususnya generasi muda dan milenial. 

Pada strategi ketiga, Wapres juga mengingatkan tentang pentingnya sinergi. Menurut Wapres, dengan sinergi, maka strategi yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan tidak tumpang tindih. “BEI dan Self-Regulatory Organization (SRO) dengan dukungan OJK agar mempertahankan operasional perdagangan secara maksimal, serta terus menciptakan ekosistem pasar modal yang kondusif dan menarik bagi investor lokal maupun asing,” kata Ma’ruf.

Secara khusus, BEI juga diharapkan mampu meningkatkan likuiditas perdagangan saham, termasuk aktivitas perdagangan saham dan frekuensi transaksi, serta senantiasa mengedepankan prinsip akuntabilitas, transparansi, dan tata kelola yang baik.

Wapres prediksi perdagangan bursa di 2024 masih positif

Candlestick adalah grafik untuk menganalisis pasar saham di masa mendatangilustrasi candlestick (pexels.com/Alesia Kozik)