FINANCE

7 Cara Atur Keuangan Bisnis yang Baik, Pebisnis Wajib Tahu!

Lakukan langkah berikut ini.

7 Cara Atur Keuangan Bisnis yang Baik, Pebisnis Wajib Tahu!ilustrasi atur keuangan bisnis (pexels.com/Tima Miroshnichenko)
03 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Bingung cara atur keuangan bisnis yang baik? Anda membaca artikel yang tepat. Beberapa metode berikut bisa menjadi panduan untuk Anda

Keuangan menjadi salah satu faktor terpenting kelancaran sebuah usaha. Berapa pun besarnya pendapatan Anda bila keuangannya tidak dikelola dengan baik, dapat membuat bisnis Anda menjadi tersendat. Tentunya, hal ini dapat memberi dampak buruk bagi bisnis Anda.

Mengelola keuangan dalam bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, hal ini tidak boleh menjadi alasan untuk tidak melakukannya.

Berikut terdapat tujuh cara atur keuangan bisnis yang bisa Anda terapkan. Simak selengkapnya!

1. Membuat perencanaan usaha

Cara atur keuangan bisnis adalah membuat perencanaan usaha, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Misalnya, Anda ingin menambah jenis produk dalam sebulan ke depan atau membuka cabang baru dalam untuk 5 tahun mendatang.

Lakukan analisis besaran dana dan pendapatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memperhitungkan jumlah penjualan yang harus tercapai dalam kurun waktu tertentu.

Cobalah untuk menyusun rencana sedetail mungkin agar Anda memiliki gambaran untuk beberapa bulan ke depan. 

2. Mempertimbangkan bentuk bisnis

Pertimbangkan pula bentuk bisnis yang dijalankan, apakah hanya dilakukan sendiri atau memiliki rekan kerja atau partnership. Jika Anda menjalankan bisnis bersama, sepakati cara pembagian hasil atau keuntungan terlebih dahulu.

Ada lebih baiknya Anda membuka usaha yang berbadan hukum. Hal ini dapat meminimalisir risiko yang tidak diinginkan.

Related Topics