FINANCE

10 Cara Hemat Uang Jajan yang Efektif, Dijamin Ampuh!

Atur keuangan Anda sedini mungkin!

10 Cara Hemat Uang Jajan yang Efektif, Dijamin Ampuh!ilustrasi mengatur uang jajan (pexels.com/Karolina Grabowska)
03 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada beberapa cara hemat uang jajan yang bisa Anda terapkan. Dengan begitu, sisa uang tersebut bisa Anda tabung untuk masa depan Anda.

Berhemat bukan berarti Anda tidak membelanjakan uang yang dimiliki, tapi meminimalkan pengeluaran yang tidak diperlukan. Penting mengatur keuangan sedini mungkin agar Anda memiliki finansial yang sehat.

Lantas, bagaimana cara menghemat pengeluaran sehari-hari? Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

1. Membedakan antara keinginan dan kebutuhan

Cara hemat uang jajan adalah dengan membeli barang sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Ini merupakan konsep mendasar dalam mengatur keuangan.

Setiap orang memiliki keinginan untuk membeli barang apa pun yang dimau. Akan tetapi, tidak semua barang yang diinginkan akan terpakai. Oleh karena itu, dahulukan barang yang memang dibutuhkan.

2. Membuat daftar keperluan yang membutuhkan uang

Langkah selanjutnya membuat daftar pengeluaran yang membutuhkan uang. Agar lebih efektif, Anda bisa daftar barang yang hendak dibeli berdasarkan skala prioritasnya, baik itu per minggu maupun per bulan.

Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan pengeluaran serta sisa yang didapatkan. Anda juga bisa menekan beberapa pengeluaran di area tertentu, seperti kuota internet.

Related Topics