FINANCE

IMF: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

Membantu menciptakan perekonomian yang lebih stabil.

IMF: Pengertian, Fungsi, dan TujuannyaIlustrasi pertumbuhan ekonomi (unsplash.com/Markus Spiske)

by Surti Risanti

09 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

IMF adalah sebuah organisasi internasional di bidang Keuangan yang memiliki peran dalam menstabilisasi nilai tukar mata uang. 

Mungkin Anda pernah menyadari adanya organisasi ini melalui surat kabar maupun berita di televisi, tetapi belum memahami secara menyeluruh mengenai peran dan fungsi IMF. Berikut lebih lanjut pembahasannya dalam artikel di bawah ini.

Apa itu IMF?

Joint venture adalah kerjasama dengan menggabungan perusahaanilustrasi kerjasama (unsplash.com/Hannah Busing)

International Monetary Fund atau IMF adalah sebuah organisasi internasional yang memberikan pinjaman kepada negara yang telah menjadi anggotanya.

Lalu apa pebedaan antara IMF dan World Bank? Keduanya memang memberikan utang pada negara lainnya, tetapi tetap memiliki hal yang berbeda.

Perbedaan dari kedua organisasi internasional ini, yaitu IMF menangani permasalahan ekonomi jangka pendek. Sedangkan, World Bank berfokus pada penyelesaian ekonomi untuk jangka panjang.

IMF merupakan bagian dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Lebih tepatnya, hubungan keduanya bersifat kesepakatan, sehingga kebijakan yang ditetapkan IMF bersifat independen atau tidak ada campur tangan pihak manapun.

Selain itu, IMF juga memiliki peran di dalam bidang kebijakan moneter. Organisasi ini bertanggung jawab dalam mengawasi setiap transaksi antar negara dalam ruang lingkup global.

Apa fungsi IMF?

ilustrasi jabat tanganilustrasi jabat tangan (unsplash.com/Cytonn Photography)