Comscore Tracker
FINANCE

Ingin Daftar Paylater? Ketahui Hal ini Terlebih Dahulu

Ada untung rugi berbelanja menggunakan paylater.

Ingin Daftar Paylater? Ketahui Hal ini Terlebih Dahuluilustrasi belanja dengan fitur paylater (pexels.com/Andrea Piacquadio)

by Surti Risanti

Jakarta, FORTUNE - Paylater adalah alat pembayaran digital yang saat ini banyak digunakan. Banyak masyarakat yang tertarik menggunakan ini, karena dinilai praktis dan mampu menggeser posisi kartu kredit.

Kepopuleran paylater terus meningkat melalui e-commerce yang menyemat fitur ini pada laman mereka. Kecanggihan dari fitur ini dapat membantu pengguna untuk bertransaksi atau berbelanja online secara mudah.

Tertarik untuk menggunakannya? Berikut ulasan mengenai paylater, cara penggunaan serta keuntungan dan kerugian menggunakannya.

Definisi paylater

belanja melalui ecommerce

Paylater adalah metode berbelanja dengan cara mencicil atau menunda pembayaran saat berbelanja di sebuah platform. 

Fitur ini banyak dijumpai pada setiap e-commerce, dengan harapan dapat membantu memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berbelanja.

Paylater menjadi salah satu solusi untuk konsumen yang ingin berbelanja kebutuhan mendesak. Sehingga, pengguna dapat membeli barang terlebih dahulu dan bisa membayar di hari mendatang.

Dapat dikatakan, prinsip paylater adalah dengan sebuah pinjaman yang diberikan oleh e-commerce kepada konsumennya dan dibayarkan dalam kurun waktu tertentu.

Cara daftar/registrasi paylater

registrasi paylater bisa dilakukan secara online

Fitur paylater dapat dijumpai pada di beragam platform e-commerce. Sebelum dapat menggunakannya, terlebih dahulu pastikan Anda telah melakukan registrasi atau memiliki akun paylatter

Untuk memudahkan Anda dalam menggunakan fitur ini, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk 

  1. Pilih salah satu aplikasi e-commerce yang memiliki fitur paylater
  2. Tekan tombol “aktifkan/daftar paylater” pada laman tersebut. Untuk setiap platform biasanya tombol diletakkan pada laman yang berbeda-beda.
  3. Lakukan pengisian data pada laman tersebut seperti nama, nomor telepon, dan lain-lain. Tak jarang pengguna juga diharuskan untuk mengunggah beberapa dokumen, misal Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Ikuti alur prosedur yang diminta dan tunggu konfirmasi oleh aplikasi.
  5. Setelah paylater aktif, maka Anda dapat menggunakannya.

Kelebihan dan kekurangan paylater

Sebuah produk maupun fitur diciptakan tentunya bertujuan untuk mempermudah aktifitas seseorang, begitupun dengan fitur paylater ini. 

Akan tetapi, hal-hal yang diciptakan tak lepas daripada kekurangan. Berikut ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari paylater

Kelebihan paylater

Paylater adalah salah satu fitur yang memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan pembelian. Melalui alat pembayaran digital ini, konsumen dapat berbelanja meski tidak memiliki saldo yang cukup.

Praktis

Salah satu kelebihan yang tampak jelas dari paylater adalah praktis (mudah). Dimulai dari proses pendaftaran akun, hingga pengajuan pinjaman.

Selain itu, seluruh rangkaian tersebut bisa dilakukan dari rumah saja atau secara daring pada platform yang dituju

Tenggat waktu yang fleksibel

Salah satu keuntungan menggunakan pinjaman dari paylater adalah pembayaran bisa dilakukan secara fleksibel atau disesuaikan oleh pengguna. 

Beberapa e-commerce memiliki kebijakan tersendiri mengenai tenggat waktu, dimulai dari 3 hari hingga 12 bulan.

Kekurangan paylater

Paylater tak luput memiliki kekurangan dan menciptakan polemik sendiri di masyarakat.. Berikut beberapa kekurangan menggunakan fitur ini.

Peningkatan Perilaku Konsumtif

Berbelanja menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi segelintir orang. Siapa sangak, paylater dapat meningkatkan perilaku konsumtif seseorang. 

Dengan penawaran bunga yang rendah serta proses pinjaman yang cepat dan mudah, membuat daya beli masyarakat menjadi tinggi. 

Perlu digarisbawahi, paylater adalah layanan yang digunakan untuk mempermudah konsumen dalam membeli kebutuhan yang mendesak, sehingga harus mengajukan pinjaman.

Penumpukan Tagihan

Perilaku konsumtif tersebut dapat berimbas pada pembengkakan atau penumpukan tagihan. Semakin lama menunda pembayaran, maka semakin besar pula yang diterima.

Sebaiknya, untuk memilih hal-hal yang perlu dibeli menggunakan fitur ini.

Paylater adalah sebuah fitur pembayaran pada sebuah platorm, dimana pengguna dapat melakukan proses mencicil atau menunda pembayaran. Gunakanlah paylater untuk hal-hal yang sekiranya mendesak untuk dibeli.

Related Topics

Related Articles