FINANCE

NUP: Pengertian, Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangan

Dapatkan harga yang lebih murah dengan NUP.

NUP: Pengertian, Perbedaan, Kelebihan, dan Kekuranganilustrasi rumah (unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya)
30 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

NUP adalah singkatan dari Nomor Urut Pemesanan. Istilah ini biasanya digunakan oleh developers untuk menjual properti mereka. Dengan memiliki NUP, Anda bisa memilih unit properti yang diinginkan sebelum diluncurkan.

Biasanya, para pengembang menawarkan harga yang lebih murah apabila Anda memiliki NUP atau memesan terlebih dahulu. Jika dilihat sekilas, NUP mirip seperti booking fee, tapi memiliki beberapa perbedaan.

Sebelum anda tergoda dengan harga murah tersebut, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu apa itu NUP? Apa perbedaan NUP dengan booking fee? Apa kelebihan dan kekurangan NUP? Simak penjelasan selengkapnya.

Apa itu NUP?

Tips membeli rumah
ilustrasi rumah (unsplash.com/Jacques Bopp)

Nomor Urut Pemesanan atau NUP adalah kesempatan bagi Anda untuk memilih unit bangunan yang diinginkan sebelum properti tersebut diluncurkan. Setiap pengembang memiliki istilah yang berbeda dalam menyebutkannya, seperti vvip, priority card, dan lainnya.

Semakin kecil atau semakin awal nomor urut yang diterima, maka Anda akan lebih diprioritaskan untuk melakukan transaksi pembelian. Baru disusul dengan calon pembeli nomor urut selanjutnya. Anda juga berkesempatan mendapatkan harga yang lebih murah dibanding calon pembeli lainnya. 

Untuk dapat menikmati layanan tersebut, Anda diwajibkan membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jumlah yang ditetapkan oleh pengembang juga beragam, mulai dari Rp500 ribu sampai dengan puluhan juta rupiah tergantung dari kondisi hunian.

NUP digunakan oleh developer untuk mengetahui respon pasar terhadap properti yang sedang dibangun. Semakin banyak nomor urut pemesan, maka semakin tinggi minat konsumen atar properti tersebut.

Apa perbedaan NUP dengan booking fee?

rumah kpr
ilustrasi membeli rumah kpr (pexels.com/RDNE Stock project)

Related Topics