FINANCE

Tips Mengatur Keuangan 2024, Bagian dari Resolusi Finansial!

Bagaimana tips mengatur keuangan demi 2024 yang lebih baik?

Tips Mengatur Keuangan 2024, Bagian dari Resolusi Finansial!ilustrasi atur keuangan bisnis (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

by Tanayastri Dini Isna KH

10 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Salah satu resolusi tahun baru berkaitan dengan cara mengelola keuangan. Lantas, bagaimana tips mengatur keuangan 2024 untuk 'kesehatan' dompet yang lebih baik?

Menurut survei Fidelity Investments, 35 persen konsumen mengaku berada dalam kondisi keuangan yang lebih buruk pada 2023 dibanding 2022. Salah satu katalis utamanya: inflasi.

Hasilnya, 66 persen peserta survei menyatakan akan mengatur resolusi finansial demi 2024 yang lebih baik. Bahkan, di kalangan Milenial dan Gen Z, angkanya lebih besar, yakni 75 persen.

Meski 2024 sudah dimulai sejak pekan lalu, tak ada kata terlambat bagi Anda yang belum menyiapkan resolusi keuangan. Lalu, apa saja tips mengatur keuangan 2024 demi kondisi finansial lebih teratur? Berikut ini ringkasannya, sebagaimana dilansir dari WSJ, Rabu (10/1).

Tips mengatur keuangan 2024: demi dompet yang lebih sehat

evaluasi keuanganilustrasi evaluasi keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)
  • Atur anggaran agar pengeluaran berkurang

Pertama, buatlah anggaran. Ini hal terpenting demi mencapai berbagai tujuan finansial. Tuliskan rencana pemasukan dan pengeluaran Anda. Salah satu tips dalam mengatur anggaran: lakukan  penghematan demi efektivitasnya.

Di tahap awal, Anda dapat mengimplementasikan pendekatan 50:30:20 atau metode menggunakan amplop. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi budgeting.

  • Pilih rekening tabungan dengan yield tinggi

Dengan memilih rekening dengan yield lebih tinggi, Anda akan beroleh keuntungan lebih besar dari rekening tabungan biasa. Misalnya, deposito. 

  • Tentukan target tabungan untuk pensiun

Selanjutnya, mulailah menghitung dana pensiun yang Anda butuhkan. Tuliskan estimasi biaya demi kehidupan masa tua yang nyaman. 

  • Tingkatkan skor kredit

Nilai kredit yang baik dapat membuka sejumlah keuntungan. Hal itu tak hanya memberi tarif hipotek dan kartu kredit lebih kecil, tapi juga bisa membantu Anda lebih mudah mendapatkan properti sewaan, pekerjaan, juga premi asuransi lebih rendah.

  • Pilih kartu kredit dengan manfaat lebih bagus

Pilihlah kartu kredit yang disertai penawaran menarik, seperti promosi khusus yang menguntungkan Anda. Perhatikan juga limitnya. Satu lagi, pastikan untuk melunasi tagihan Anda lebih dulu sebelum menambah limit kredit.

  • Diversifikasi investasi

Guna melindungi diri dari risiko turunnya pasar, jangan hanya berinvestasi di satu keranjang. Tapi, silakan tanamkan modal di berbagai instrumen investasi, dari saham hingga obligasi. Sebaiknya, pilih juga berbagai industri dan kelas aset dengan tingkat risiko berbeda.

Demikian tips mengatur keuangan 2024, demi kondisi finansial lebih baik dari tahun 2023.