Comscore Tracker
LUXURY

Sekali Seumur Hidup Mesti Jajal Perjalanan Kereta Tereksklusif Dunia

Memandang indahnya Alpen hingga Rocky dari jendela kereta.

Sekali Seumur Hidup Mesti Jajal Perjalanan Kereta Tereksklusif DuniaGlacier Express, Swiss. (ShutterStock/sculpies)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Kereta adalah salah satu moda transportasi alternatif bepergian yang banyak dipilih. Walaupun mobil memberikan berbagai kemudahan, pesawat menawarkan kecepatan, atau kapal pesiar dengan segala kemewahannya, namun pencinta transportasi kereta api akan selalu ada dan terus menunjukkan kecintaannya.

Estelle Giraudeau, Direktur Pelaksana Club Med, mengatakan bepergian dengan kereta api sangat berbeda dengan pesawat. Saat menggunakan kereta api, ia bisa melihat lanskap yang berubah-ubah. “Anda akan dapat menikmati pemandangan Pegunungan Alpen Prancis atau Pegunungan Rocky Kanada dari kursi Anda yang nyaman,” ujarnya seperti dikutip euronews.travel.

Untuk itu, Club Med, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perjalanan dan pariwisata dunia, memberi peringkat pada perjalanan kereta api terbaik dengan acauan harga tiket rata-rata, ulasan Trip Advisor, popularitas Instagram, Pinterest, maupun jumlah pemandangan yang ditemui selama perjalanan. Mayoritas dari 20 rute teratas memang ada di benua Eropa, namun di luar itu pun tidak kalah menariknya. Berikut ini 5 perjalanan kereta api paling eksklusif yang dimaksud itu.

5. Bernina Express, Eropa

Bernina Express adalah jalur kereta api tertinggi di Pegunungan Alpen. Kereta ini membawa penumpang dari Chur, Swiss, melintasi perbatasan pegunungan ke Tirano, Italia. Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menawan.

Kenikmatan perjalanan ini akan melalui 55 terowongan, melintasi 196 jembatan, dan sampai ke titik tertinggi 2.253 meter di atas permukaan laut. Bahkan, Anda akan melewati salah satu warisan dunia versi UNESCO, yakni bagian garis antara perhentian di Suchis, Swiss, dan Tirano.

Tidak lupa, jendela kaca yang cukup besar akan memberikan pemandangan spektakuler pegunungan tertutup salju. Semua ini dimulai dari harga 51.5 Euro atau lebih dari Rp860 ribu per orang sekali perjalanan. Selain itu, untuk pemesanan, Anda juga dapat memilih opsi kelas I atau kelas II yang akan menentukan pengalokasian kursi.

4. Ghan, Australia

Beralih ke negara benua Australia. Jalur kereta The Ghan membentang dari Adelaide di selatan sampai ke Darwin di utara. Layanan kereta The Ghan telah membawa penumpang melintasi Australia selama lebih dari 90 tahun. Kini, lebih dari sekadar layanan transportasi, The Ghan menawarkan sebuah pengalaman baru  sepanjang perjalanan.

Salah satu pengalaman yang ditawarkan kepada para penumpang adalah bersantap mewah di kereta dan layanan kabin pribadi. Selain itu, di sepanjang jalan, ada juga kunjungan ke pedalaman, melihat matahari terbit di Uluru, dan bersantap malam dengan makanan laut di pelabuhan Darwin.

Untuk merasakan seluruh sensasi menakjubkan ini, Anda dapat memesan petualangan kereta api Australia ini dengan harga mulai dari AUS$1.919 atau setara Rp19,9 juta.

3. Kereta Api Flam, Norwegia

Perjalanan kereta api mewah yang melintasi Norwegia Barat membawa penumpang naik dari permukaan laut di ujung Aurlandsfjord hingga ketinggian 867 m di pegunungan stasiun Myrdal. Pembangunan jalur sepanjang 20 kilometer ini dianggap sebagai salah satu prestasi teknik terbesar di seluruh Norwegia.

Kereta juga berhenti selama lima menit untuk memberi kesempatan bagi Anda mengambil foto di air terjun Kjosfossen yang memesona. Tak hanya panorama, legenda lokal pun menjadi bagian dari perjalanan. Kisah ini mengatakan untuk waspada terhadap Huldra, makhluk mitologi cantik dengan rambut panjang mengenakan gaun merah. Harga untuk menikmati perjalanan kereta api yang mengesankan ini mulai dari €49,2 atau senilai Rp824 ribu dengan perjalanan pulang–pergi.

2. Glacier Express, Swiss

Perjalanan kereta api ini menghubungkan dua resor pegunungan utama Zermatt dan St Moritz. Rute ini menawarkan pemandangan pegunungan Alpen yang menakjubkan di sepanjang delapan jam perjalanan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati makanan yang disiapkan di atas kereta beserta anggur dari kebun yang akan Anda lewati selama perjalanan.

Untuk menikmati perjalanan kereta api ini, Anda diharuskan untuk melakukan pemesanan melalui web secara online. Harga tiket untuk perjalanan ini dimulai dari €395 atau Rp6,6 juta untuk tiket kelas satu dari St Moritz menuju Zermatt.

1. Kereta Pendakian Gunung Rocky, Kanada

Perjalanan kereta api mewah terbaik di dunia jatuh pada kereta yang melewatii Pegunungan Rocky di Kanada. Perjalanan ini punya sembilan pilihan dengan tujuan berbeda di sepanjang jalan. Diberi peringkat sebagai salah satu opsi paling Instagrammable dalam daftar, perusahaan kereta The Rocky Mountaineer memang dikenal perjalanan beberapa hari yang membagikan hal terbaik dari lanskap ini.

Sebagai bagian dari pengalaman mewah, seorang ahli akan memandu Anda melalui pemandangan yang begitu spektakuler. Panorama indah dapat disaksikan dari gerbong berkubah kaca yang emang dirancang khusus untuk kepentingan pariwisata. Dengan harga tiket rata-rata sekitar €1600 atau Rp17,9 juta. Anda akan mendapat pemandangan luar biasa berikut pengalaman yang tak tergantikan.

Related Articles