Comscore Tracker
LUXURY

12 Batu Mulia Elegan Sesuai Bulan Kelahiran, Cocok Sebagai Perhiasan

Batu mulia memiliki makna tersendiri sesuai bulan lahir.

12 Batu Mulia Elegan Sesuai Bulan Kelahiran, Cocok Sebagai PerhiasanIlustrasi Birthstone/Dok. Anthony Calandrelli/Pexels

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE- Setiap orang punya batu mulia yang mewakili bulan-bulan kelahirannya. Batu mulia ini biasa disebut birthstone atau batu kelahiran. Birthstone dikenal antara abad ke-16 dan ke-18. Pada 1912, Jewelers of America memperbarui daftar itu, hingga kini dikenal dan memiliki makna serta keunikan masing-masing.

Dengan pesona yang berkilauan cahaya seribu bintang dan batu permata berharga ini diagungkan dan menjadi salah satu elemen paling mistis dan indah di dunia. Orang-orang diminta untuk memakainya dalam logam tertentu untuk menuai manfaat dari batu-batu ini.

Selain itu, karena aura agung dan pesona luar biasa, memakai atau memiliki perhiasan batu kelahiran menjadi impian banyak orang dan telah populer sejak zaman firaun Mesir. Hingga kini birthstone pun makin populer karena kerap digunakan untuk mempercantik perhiasan.

Dilansir dari Prestige pada Rabu (13/7), berikut adalah daftar birthstone yang telah dikelompokkan berdasarkan bulan kelahiran. Mana yang cocok untuk Anda?

Januari – Garnet

Garnet, berasal dari kata Latin abad pertengahan granatus, yang berarti 'delima' karena warna merahnya. Garnet adalah batu permata yang mempesona yang terlihat sangat eksotis. Ini berasal dari zaman kuno ketika garnet dikenakan di kalung yang rumit. 

Batu kelahiran juga dikenal memiliki banyak khasiat penyembuhan seperti menyeimbangkan chakra akar, mengatur sirkulasi darah, membuang racun dari tubuh dan mengisi ulang energi seksual Anda.

Batu kelahiran Januari ini memiliki palet mencakup warna seperti ungu tua, hijau, kuning dan oranye di samping merah yang paling umum ditemukan. Jika menjadi perhiasan, perpaduan warna itu terlihat sangat menakjubkan dalam cincin, kalung, dan anting-anting.

Februari – Amethyst

Amethyst berasal dari kata Yunani amethystos , yang berarti 'tidak mabuk.' Orang Yunani kuno percaya bahwa tidak peduli berapa banyak seseorang minum, mereka tidak akan mabuk jika mereka memakai batu kecubung atau memasukkannya ke dalam mulut mereka.

Dikagumi karena rona ungu tua yang juga berkisar hingga warna lilac pucat, batu kelahiran Februari telah lama dikaitkan dengan royalti dan merupakan permata yang sangat disukai raja dan ratu.

Tak hanya itu, batu permata yang kuat ini adalah simbol pemberdayaan pribadi, intuisi yang tinggi, kekuatan batin dan kejernihan mental. Batu ini terlihat sama menakjubkannya saat dipakai sebagai perhiasan, baik itu sepasang anting-anting mungil, kalung berlian dan batu kecubung maupun cincin yang indah. Anda yang lahir pada bulan Februari tidak akan pernah salah jika memilih batu ini.

Maret – Aquamarine

Berasal dari istilah Latin yang berarti 'air laut', aquamarine hadir dalam palet warna biru hingga biru kehijauan dan merupakan anggota keluarga beryl. Kembali ke zaman kuno, para pelaut membawa batu ini, percaya bahwa itu akan membuat mereka tetap aman di laut dan akan membuat mereka tak terkalahkan.

Di zaman modern, batu kelahiran Maret ini dipercaya untuk melindungi, meningkatkan kecerdasan, dan membawa kebahagiaan perkawinan. Tampilannya yang menenangkan seperti air dan aura kerajaan dalam perhiasan yang indah selalu menarik perhatian para bangsawan. 

Pesohor ternama, di antaranya Ratu Elizabeth II dan Meghan Markle juga menggunakannya. Aquamarine merupakan batu mulia yang sempurna untuk perhiasan halus seperti cincin, anting-anting dan bahkan tiara.

April – Diamond

Diamond atau berlian telah menjadi simbol status selama berabad-abad dan dihargai karena keindahan, kejelasan, dan kecemerlangannya yang gemilang. Filosofi tersebut berasal dari istilah Yunani adamas , yang berarti 'tak terkalahkan', yang secara tepat menunjukkan kekerasan berlian.

Berlian menjadi salah satu harta yang paling didambakan hingga saat ini dan terlihat memukau dalam desain dan bentuk apa pun. Batu kelahiran April adalah simbol kekuatan, umur panjang, dan cinta abadi. Tak heran jika simbol universal pernikahan dan cinta sering kali berupa cincin tunangan berlian.

Mei – Emerald

Batu emerald atau zamrud menjadi simbol bagi Anda yang lahir di bulan Mei. Emerald dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan pemakainya dan meningkatkan penyembuhan.

Namanya berakar dari bahasa Yunani kuno dan berasal dari istilah smaragdos, yang berarti 'permata hijau'. Zamrud telah menjadi salah satu batu permata yang paling diinginkan sejak zaman Mesir kuno.

Dari mempesona Ratu Mesir Cleopatra hingga menjadi pusat perhatian Mahkota Andes, zamrud telah dihormati oleh royalti tertinggi dan terus memikat banyak orang hingga saat ini. Rona hijau yang menakjubkan dari zamrud selalu terlihat kaya dan luar biasa tidak peduli jenis logam apa yang bertatahkannya.

Juni – Pearl, Alexandrite, Moonstone

Anda pasti beruntung jika lahir di bulan Juni. Ini karena bulan ini memiliki tiga batu kelahiran, yang memberi Anda lebih dari satu pilihan perhiasan untuk dipilih. Mereka adalah mutiara (pearl), batu bulan (moonstone), dan alexandrite.

Mutiara sangat diinginkan untuk perhiasan dan dipuji karena pesona abadinya. Sementara mutiara diyakini sebagai 'tetesan air mata yang jatuh dari surga' bagi orang Timur Tengah. asal usulnya menurut pengetahuan Tiongkok kuno dikreditkan ke otak seekor naga. Mewakili kemurnian, kejujuran, kebijaksanaan dan kesederhanaan, mutiara tersedia dalam banyak bentuk, ukuran, dan warna.

Alexandrite adalah salah satu permata paling langka di dunia permata, karena perubahan warnanya yang luar biasa bila dilihat dalam pencahayaan yang berbeda. Dari memancarkan rona merah hingga keunguan dalam cahaya pijar hingga tampak hijau hingga kebiruan di siang hari. Batu kelahiran bulan Juni yang langka ini pertama kali ditemukan di Rusia dan dinamai menurut nama Alexander II.

Terakhir, batu bulan yang dikagumi karena adularescence (fenomena optik dari cahaya kebiruan seperti susu yang tampak bergerak saat batu diputar), memberikan kesan cahaya bulan mengambang di atas air. Hal ini diyakini membawa keberuntungan bagi pemakainya dan dikaitkan dengan kesuburan dan feminitas.

Juli – Ruby

Ruby adalah raja batu permata dan memahkotai seluruh peti perhiasan Anda, tidak seperti yang lain. Namanya berasal dari kata Latin ruber , yang berarti 'merah' (warna gairah dan cinta). Warnanya berkisar dari merah tua, dengan sedikit ungu, hingga merah dengan nada merah muda dan oranye.

Ruby telah menjadi simbol dari berbagai hal dalam budaya yang berbeda. Namun, mereka selalu dianggap sebagai salah satu batu permata paling terkenal di mana-mana. 

Dari menjadi tanda kekuatan, perlindungan, dan vitalitas hingga memberikan kebijaksanaan, kekayaan, dan ketenangan kepada pemakainya, batu ruby selalu dianggap sebagai keberuntungan. Dan sama bermanfaatnya dengan yang diyakini, batu ruby terlihat sama indah dan spektakulernya saat dikenakan sebagai perhiasan.

Agustus – Peridot

Peridot adalah batu kelahiran Agustus modern yang merupakan jenis permata berwarna kuning kehijauan dari mineral olivin. Nama batu permata ini berasal dari kata Arab faridat yang berarti 'permata'.

Peridot telah menjadi batu berharga sejak budaya kuno dan abad pertengahan dan digunakan sebagai jimat pelindung selama berabad-abad, terutama untuk mengusir roh jahat di malam hari. Batu kelahiran peridot memiliki sifat penyembuhan emosional dan psikologis dan langsung bekerja pada chakra jantung .

September – Sapphire

Batu menawan yang mendapatkan namanya dari kata Yunani sappheiros. Batu safir (sapphire) bagi kelahiran September adalah batu permata yang sangat populer dan salah satu yang paling berharga. Meskipun ada banyak warna, yang paling umum dipakai dan dipuja tidak diragukan lagi adalah warna biru yang cantik.

Safir telah lama dikaitkan dengan keluarga kerajaan–seperti Kate Middleton yang memakai cincin pertunangan safir yang pernah menjadi milik Putri Diana–dan para elit sejak zaman kuno dan terus memikat hati semua orang bahkan hingga hari ini. 

Secara tradisional, mereka telah menjadi simbol ketulusan, kemuliaan dan kesetiaan dan diyakini memiliki sifat penyembuhan dan melindungi pemakainya dari bahaya fisik. Betapa pun mistisnya batu permata ini, ia terlihat sama mewahnya saat dikenakan dalam bentuk permata, terutama cincin.

Oktober – Opal, Tourmaline

Kelahiran Oktober menikmati keindahan dan luasnya dua batu kelahiran—opal dan tourmaline. Opal berasal dari istilah Sansekerta upala , yang diterjemahkan menjadi 'batu berharga.' Itu kemudian menjadi opalus di Roma kuno.

Dihargai dan dipuja karena permainan warna seperti pelangi yang dramatis, opal terkadang dibandingkan dengan galaksi, gunung berapi, dan kembang api. Mereka juga terkait dengan cahaya dan sihir. Dengan demikian, mereka dikenal memberikan karunia perlindungan, ramalan, keberuntungan dan penyembuhan bagi pemakainya.

Tourmaline tersedia dalam varian dan warna yang tak terhitung jumlahnya. Sesuai keunikannya, nama batu mulia ini berasal dari kata Sinhala toramalli , yang berarti 'batu yang dicampur dengan warna.'.

Karena berbagai warna itu, maka diyakini oleh mistikus kuno bahwa batu itu menginspirasi seniman dan kreativitas mereka karena memiliki warna untuk setiap suasana hati. Warna pink, hijau dan ungu kebiruan merupakan warna tourmaline yang paling dicari untuk perhiasan.

November – Topaz, Citrine

Sama seperti Oktober, kelahiran November juga beruntung dengan dua batu kelahiran untuk dipakai dan dipamerkan. 

Citrine memiliki nuansa warna kuning dan oranye yang menenangkan. Batu permata yang indah ini terkait dengan penyembuhan dan kebahagiaan. Selain itu, sejak lama dipercaya membawa kehangatan dan relaksasi bagi pemakainya.

Mirip dengan citrine, topas, batu kelahiran November ini hadir dalam berbagai warna seperti biru muda, oranye, merah muda, kuning (yang paling populer) dan coklat.

Batu itu disukai oleh orang Yunani dan Romawi kuno karena kemampuannya memberikan kekuatan, kecerdasan, dan penyembuhan bagi pemakainya.

Desember – Turquoise, Tanzanite

Tanzanite, untuk Anda kelahiran Desember. Batu ini ditemukan di Tanzania dan memiliki rona mulai dari biru kaya hingga ungu tua. Batu permata ini diyakini memberikan pemakainya dengan kebangkitan spiritual, intuisi yang ditingkatkan dan kesadaran yang lebih tinggi. 

Setelah penemuannya itu, tanzanite dipromosikan oleh Tiffany & Co. pada tahun 1968 dalam kampanye iklan.

Batu kelahiran ini tidak hanya mencakup permata transparan tetapi juga berbagai varietas buram. Ini telah disukai sejak zaman Mesir kuno dan disukai oleh penggemar warna pirus. Diyakini memiliki kekuatan yang bermanfaat dan membawa keberuntungan dan kesejahteraan bagi orang yang memakainya, batu permata ini terlihat berkelas dalam perhiasan seperti cincin, bros, anting-anting, dan kalung mungil.

Related Articles