Comscore Tracker
LUXURY

7 Koleksi Tas Hermès yang Cocok untuk Jadi Investasi

Ada Birkin hingga Haut à Courroies (HAC).

7 Koleksi Tas Hermès yang Cocok untuk Jadi InvestasiInstalasi di butik Hermès di Stoleshnikov Lane di kota Moskow, Rusia. Shutterstock/Sergey Bezgodov

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - “Jika rumah saya terbakar, tas Birkin Himalaya ini adalah satu-satunya tas yang akan saya coba selamatkan,” kata sosialita Love Marie Payawal Ongpauco yang multi-talenta. Dikenal secara profesional sebagai Heart Evangelista, Crazy Rich ini mengatakannya sambil menunjukkan beberapa tas favoritnya di kanal YouTube-nya pada tahun 2021.

Tidak hanya itu, First Lady of Sorsogon juga mengungkapkan bahwa tas tersebut adalah 'barang investasi', karena harga yang muncul di berbagai situs web adalah tiga kali lipat dari harga yang dia bayarkan saat membelinya. 

Pada tahun 2016, majalah Time , mengutip Baghunter , bahkan melanjutkan dengan mengatakan bahwa tas Hermès Birkin adalah investasi yang lebih baik daripada emas. Inilah sebabnya mengapa Herms adalah salah satu merek mewah yang paling dicari, dan tasnya juga menjadi simbol status. Dirangkum dari Prestige, berikut sejarah Hermès dan deretan tas Hermès yang layak jadi investasi.

Berawal dari bengkel hingga mendunia

Thierry Hermès memulai merek Hermès pada tahun 1837, di rue Basse-du-Rempart di Paris, di sebuah bengkel. Kemahiran dalam karyanya dan daya tahan produk menjadikan jenama mewah ini menerima penghargaan di pameran Universal pada tahun 1867.

Putra Thierry, Charles-Émile Hermès, mengambil alih pada tahun 1880 saat ia memindahkan lokasi bengkel dan membuka toko, yang menjual tali kekang dan pelana. Ini membuat merek tersebut menjadi dikenal di seluruh Eropa.

Pada tahun 1922, Émile Hermès mendapatkan hak eksklusif atas zip dan zippers. Dia kemudian memperkenalkan pakaian siap pakai pria, perhiasan, jam tangan, dasi, dan sandal.

Émile memiliki empat anak perempuan, maka menurut tradisi pada waktu itu, ia memberikan kendali bisnis keluarga kepada menantu laki-lakinya pada tahun 1951, salah satunya adalah Robert Dumas. 

Di bawah kepemimpinan Dumas jenama mewah ini mengambil bentuk yang kita kenal sekarang. Dia pula otak di balik Jeu des omnibus et dames blanches, syal sutra yang terkenal. Dumas juga membuat tas Kelly dan gelang Chaîne d'ancre digemari.

Putra Robert Dumas, Jean-Louis Dumas, mulai memimpin merek kelas atas pada tahun 1978, dan di bawah kepemimpinannya tas Birkin yang ikonik diperkenalkan. Pada tahun 2005, Pierre-Alexis Dumas mengambil alih sebagai direktur artistik dan digantikan oleh keponakannya, Axel Dumas, yang merupakan CEO merek saat ini. Berikut adalah beberapa tas Hermès yang ikonik untuk diinvestasikan.

1. Birkin

“Ini bukan tas, ini Birkin,” kata penjual kepada Samantha Jones (Kim Cattrall) saat ditanya tentang daftar tunggu lima tahun untuk tas, adalah salah satu adegan pola dasar dari acara terkenal Sex And The City (1998–2004). Dan itulah kekuatan Birkin, salah satu tas Hermès paling eksklusif.

Sebuah tas tangan mewah yang didambakan, Birkin adalah hasil pertemuan kebetulan antara Jean-Louis Dumas dan penyanyi-aktris Jane Birkin. Keduanya bersama dalam penerbangan Paris ke London, dan percakapan merekalah yang membuat Dumas mendesain tas.

Gadis itu', sebagai ibu baru pada waktu itu, mengeluh kepada desainer karena tidak dapat menemukan tas yang dapat memuat semuanya. Hal ini membuat Dumas datang dengan desain tas tangan, saat itu juga, yang sangat fungsional dan memiliki ruang khusus untuk botol bayi.

Tas yang diincar adalah favorit selebriti seperti Victoria Beckham, Kim Kardashian, Kris Jenner, Kylie Jenner, Heart Evangelista, Jennifer Lopez dan Drake, yang dikabarkan memiliki lebih dari satu Birkin.

Toko Hermès hanya memiliki beberapa tas dua kali setahun. Apalagi model, warna dan ukurannya tidak pernah diketahui sebelumnya. Artinya, jika seseorang memperhatikan ukuran tertentu Birkin dengan warna tertentu, mereka tidak bisa hanya pergi ke butik Hermès untuk membelinya; menemukan tas membutuhkan waktu. Tas-tas ini bahkan tidak dijual secara online, di situs resmi Herms.

Hal ini mendorong pasar penjualan kembali Birkin. Meski tas baru tidak mudah didapat, tas bekas bisa dibeli secara online dengan mudah. Terkadang, tas vintage berkualitas baik pun ada, tetapi harus jeli menemukan yang otentik.

2. Kelly

Salah satu tas paling ikonik yang dibuat oleh Robert Dumas adalah Hermès Kelly. Tas tangan berbentuk trapesium untuk wanita ini memiliki dua gusset segitiga, dua tali samping, pegangan, dan penutup guntingan. Tas yang sama menjadi jendela merek ke dunia modern.

Konon pada 1950-an, Grace Kelly terlihat membawa tas tersebut. Superstar Hollywood, yang menjadi Putri Monako, difoto memegang tas di atas perutnya, dalam upaya untuk menyembunyikan benjolan bayinya. Saat itulah tas tangan menjadi terkenal dan menjadi seperti yang kita kenal sekarang.

Namun, sebelum kejadian, itu disebut Sac-à-Dépêches. Tas ini juga merupakan barang berharga yang menghiasi lemari pakaian banyak selebritas, termasuk Kim Kardashian, Kylie Jenner, dan Jennifer Lopez. Tas tersebut bahkan menjadi cameo di K-drama terkenal Crash Landing On You . Yoon Se-ri (Son Ye-jin) membawa ransel Kelly yang tidak biasa di salah satu adegan.

3. Constance

Constance adalah tas favorit Hermès lainnya, setara dengan Kelly dan Birkin. Ini adalah tas over-the-shoulder yang modern, sederhana, dan sangat fungsional. Desainnya menarik dengan gesper H sederhana sebagai kunci pengaman.

Tas ini dirancang oleh Catherine Chaillet pada tahun 1967, ketika dia sedang mengandung putrinya. Nama tas itu juga diambil dari na,a sang putri, Constance.

Karya abadi ini hadir dalam empat ukuran—Constance 24 klasik bersama dengan versi mini dan mikronya. Ada juga model persegi panjang yang disebut Elan.

4. Evelyn

Tas Evelyne pertama kali diproduksi pada tahun 1978 untuk digunakan pengendara saat merawat kuda mereka. Tas tidak memiliki lapisan dan fitur tali bahu lebar, tetapi justru logo H tebal berlubang di atasnya. Lubang-lubang ini dibuat agar udara dapat melewati kantong, sehingga peralatan pemeliharaan kuda seperti sisir dapat dengan mudah mengering.

Tas sporty kini dianggap sebagai aksesori mewah yang wajib dimiliki. Ada empat generasi tas. Generasi I tidak memiliki saku eksterior dan tali yang dapat disesuaikan. Generasi II hanya memiliki saku eksterior. Generasi III menampilkan keduanya, menjadikannya yang paling praktis.

Yang terakhir adalah tas Sellier Evelyne yang sudah dimodifikasi dan menampilkan huruf H berbentuk berlian. Saat ini, hanya Generasi III dan Sellier Evelyn yang diproduksi. Tas ini tersedia dalam empat ukuran, yaitu Evelyne 16, Evelyne 29, Evelyne 33, dan Evelyne 40.

5. Haut à Courroies (HAC)

Haut à Courroies (HAC) adalah tas pertama yang diproduksi oleh merek tersebut, dan tidak salah jika dikatakan bahwa tas ini juga merupakan salah satu tas Hermès paling bergaya. Dibuat untuk membawa dan melindungi sadel dan sepatu bot berkuda, tinggi dan lebar tas ini lebih besar dari biasanya. Itu membuat kehidupan pengendara menjadi mudah, seperti sebelum era booming mobil.

Selain praktis, karya yang memukau ini juga menampilkan sentuhan ramah tamah. Tas yang dipegang dengan tali pada awalnya tidak memiliki nama. Jadi, hanya disebut Haut à Courroies, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berarti tinggi (Haut) dan tali (courroies). Tas kulit ini adalah lambang keahlian dan pelana Hermès.

Tas legendaris ini dibuat dalam dua ukuran. Ukuran 40 berada di antara tas tangan dan tas travel, tetapi ukuran 50 adalah tas travel terbaik. Banyak selebritas, termasuk Travis Scott, Kim Kardashian dan Victoria Beckham, sering terlihat membawa Haut Courroies.

6. Bolide

Sejarah Bolide dimulai pada tahun 1923, dan dibuat dengan mengingat para penjelajah dunia. Tas ini memiliki ritsleting, yang dibawa kembali oleh Émile Hermès dari Amerika, dan dia memiliki monopoli atasnya.

Penutupan ritsleting pada tas desainer memungkinkannya disimpan di bagasi tanpa perawatan saat bepergian. Selain itu, ritsleting membuat tas Herms ini memiliki bentuk sudut bulat yang berbeda.

Tas Bolide tersedia dalam lima ukuran, yakni Bolide Mini, Bolide 27, Bolide 31, Bolide 35 dan Bolide 45, yang merupakan travel size.

7. Picotin

Picotin dalam bahasa Prancis mengacu pada jumlah pakan yang diberikan kepada seekor kuda pada satu waktu. Inilah inspirasi di balik tas ini—tas pakan kuda. 

Bucket bag klasik ini tidak pernah ketinggalan zaman karena desainnya yang minimalis, tapi fungsional. Mengingat bahwa fungsionalitas adalah salah satu prioritas utama Hermès dalam hal tas tangan, tas Picotin memungkinkan pengguna untuk memasukkan semua yang ada di dalamnya. Penutup dengan kunci menjadi nilai tambah estetika yang memikat, menjadikannya tas desainer yang sempurna.

Related Articles