Comscore Tracker
LUXURY

9 Gaun Paling Mahal yang Pernah Tampil di Red Carpet Oscar

Rancangan desainer ternama, bernilai miliaran rupiah.

9 Gaun Paling Mahal yang Pernah Tampil di Red Carpet OscarDok. Pinterest

by Desy Yuliastuti

Jakarta, Fortune - Academy Awards 2022 ke-94 pada Senin (28/3) menjadi ajang penghargaan yang paling bergengsi di dunia. Para selebritas perempuan ternama yang menghadirinya tentu tampil totalitas. Mereka juga tak segan mengeluarkan bujet sekstra demi tampil menawan nan istimewa untuk satu malam. 

Pakaian yang digunakan pun biasanya rancangan desainer ternama dan dibuat khusus untuk mereka alias custom made. Gaun-gaun mewah ini dibuat dengan waktu pengerjaan puluhan hingga ratusan jam, terutama jika memiliki detail terperinci. 

Tentu saja dengan desain yang diimbangi craftsmanship berkualitas tinggi. Melansir dari Wonderlist pada Rabu (30/3), berikut ini gaun termahal yang digunakan sepanjang sejarah Academy Awards.

Elizabeth Taylor, 1970

Gaun material chiffon periwinkle ini terlihat menakjubkan dikenakan aktris yang terkenal atas perannya sebagai Cleopatra. Elizabeth Taylor memakai gaun A-line tersebut bersama dengan kalung berlian Cartier (sekarang dikenal sebagai berlian Taylor-Burton) yang berdasarkan laporan dari Forbes, merupakan berlian terbesar ke-12 di dunia. Ball gown itu dilelang pada tahun 1999 dan berhasil terjual US$167.500 atau sekitar Rp2,4 miliar. 

Jennifer Lawrence, 2013

Jennifer Lawrence membuat statement di red carpet dengan gaun mewah yang dikenakannya. Sebagai brand ambassador Dior saat itu, ia mengenakan gaun rancangan sang direktur kreatif Raf Simons, yakni berupa strapless ball gown berwarna blush pink. Gaun yang langsung jadi pusat perhatian ini diketahui seharga US$4 juta atau kisaran Rp57,3 miliar––menobatkannya sebagai gaun di red carpet piala Oscar paling mahal sepanjang sejarah.

Nicole Kidman, 1997

Nicole Kidman tampil memesona berbalutkan gaun berbordir mewah seharga US$2 juta atau sekitar Rp28,6 miliar. Gaun haute couture dengan pulasan warna chartreuse tersebut merupakan kreasi John Galliano untuk label Dior dan menjadi salah satu gaun paling ikonis dalam ajang Academy Awards.

Cate Blanchett, 2007

Glamor, mewah, dan elegan. Cate Blanchett melenggang di red carpet OSCAR  dalam gaun bertaburkan kristal Swarovski dari Armani Privé. Ada kualitas, ada harga––gaun one shoulder ini bernilai fantastis, yaitu US$200 ribu atau setara dengan Rp2,8 miliar. Walaupun Cate tidak berhasil menjadi "Best Supporting Actress" untuk filmnya Notes on A Scandal, tapi ia berhasil mencuri gelar gaun terbaik malam itu.

Kate Winslet, 2007

Kate Winslet tampil anggun memakai gaun bergaya vintage dengan detail one-shoulder dress warna hijau muda. Gaun tersebut merupakan desain dari Valentino yang memiliki harga US$100 ribu atau setara Rp1,4 miliar.

Anne Hathaway, 2011

Anne Hathaway tampil memukau dengan gaun berwarna merah  berdetail layer di bagian bawah dari bahan sutra. Ini merupakan gaun dari Valentino yang bernilai sekitar US$80 ribu atau kisaran Rp1,1 milia. Ia melengkapi gaun strapless tersebut dengan kalung Tiffany & Co. senilai US$10 juta.

Charlize Theron, 2013

Charlize Theron juga mengenakan gaun senilai US$100 ribu dolar atau sekitar Rp1,4 miliar dari Christian Dior. Ia melengkapi gaun berwarna putih tersbeut dengan gelang dan anting senilai US$2,5 juta atau sekitar Rp37,9 miliar.

Jessica Biel, 2014

Jessica Biel juga pernah memakai gaun seharga US$100 ribu dolar dari Chanel pada tahun 2014. Ia memakai gaun berwarna perak dengan potongan strapless yang modelnya membingkai tubuh indahnya. 

Lupita Nyong'o, 2015

Pada Academy Awards 2015, Lupita Nyong’o memanjakan mata publik dengan gaun mutiara fantastis yang dikenakannya. Gaun buatan tangan senilai US$150 ribu atau sekitar Rp2,1 miliar itu merupakan rancangan Calvin Klein––sejumlah 6.000 mutiara akoya tersusun sebagai atasan halter neck sampai pada bagian rok yang menjuntai. Gaun ini sempat dicuri dari kamar hotel setelah Lupita kenakan dan ditemukan beberapa hari setelahnya.

Related Articles