Comscore Tracker
LUXURY

Alasan Porsche Butuh Tiga Sampai Empat Tahun Menentukan Warna

Perlu riset khusus dan pengetesan tiap warna Porsche.

Alasan Porsche Butuh Tiga Sampai Empat Tahun Menentukan WarnaDok. Porsche.com

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Warna mobil menjadi salah satu penentu calon konsumen dalam membeli kendaraan idaman. Bahkan untuk warna-warna tertentu, mereka rela menunggu lebih lama atau membayar lebih mahal. Hal ini pula yang menjadi pertimbangan pabrikan mobil asal Jerman, Porsche dengan menghadirkan warna unik—ketimbang putih, hitam, atau abu-abu yang mendominasi di jalan raya.

Porsche merupakan salah satu pabrikan mobil yang memiliki produk kendaraan dengan warna yang cukup beragam dan memikat. SAlah satu kolektor Porsche asal Amerika, Lisa Taylor, mengoleksi sejumlah mobil Porsche dengan warna-warna unik, seperti Porsche 911 modern sampai GT3 dengan memesan warna-warna khusus. Misalnya,Porsche 718 Cayman warna Mint Green, 911 warna deep purple Amethyst sampai 911 GT3 RS warna Ruby Star.

Namun, di balik banyaknya warna yang dihadirkan pada mobil-mobil Porsche, ternyata persiapannya membutuhkan waktu bertahun-tahun. Apa alasannya?

Riset dan pertimbangan matang

Menurut salah satu desainer di departemen Desain Warna dan Trim Porsche Weissach Development Center, Daniela Milosevic, untuk menghadirkan warna baru pada mobil Porsche, butuh pertimbangan yang memakan waktu sekitar tiga hingga empat tahun. 

Setiap warna cat yang dibuat harus melewati sejumlah tes, salah satunya adalah tes untuk membuktikan bahwa warna ini dapat bertahan dari paparan cuaca. Untuk melakukan tes ini, cat mobil yang dipilih kemudian diterapkan pada panel uji dan dijemur di bawah sinar matahari yang cerah selama dua tahun.

"Apa pun yang sudah lulus tes stabilitas warna di Florida, pasti akan mudah untuk dibuat," kata Milosevic, dikutip dari laman Carscoops, Selasa (21/12).

Proses pencarian inspirasi untuk warna

Dalam mendesain sebuah warna untuk mobil, Porsche biasanya mengambil inspirasi dari luar dunia otomotif. Milosevic mengatakan, biasanya ia mengambil inspirasi dari dunia furnitur dan arsitektur untuk melihat warna apa saja yang belum ada pada produk Porsche.

"Kami menggunakan desain interior dan arsitektur sebagai sumber ide untuk pekerjaan kami. Fashion bergerak terlalu cepat. Sebaliknya, pelanggan membeli sofa dan menyimpannya selama beberapa tahun, seperti mobil," ujarnya.

Milosevic membuat resep warna baru dengan mengacu pada sistem warna Pantone dan NCS. Setiap warna yang dikembangkan juga harus dibuat selaras dengan pilihan trim dan jok, karena warna eksterior dapat lihat dari interior kendaraan.

Target pengembangan warna

Setiap tahunnya, Milosevic dan timnya harus mengembangkan 12 warna cat untuk model mobil terbaru. Namun dari 12 warna yang sudah dikembangkan tersebut, nantinya hanya dipilih 4 warna untuk dikembangkan lebih lanjut.

Beberapa waktu lalu, Porsche mengumumkan telah menghidupkan kembali warna-warna klasik pada jajaran model barunya. Warna-warna ini dapat dipilih konsumen pada setiap pembelian mobil yang diinginkannya, seiring perubahan konsep Custom Color menjadi Paint to Sample.

"Pelapisan cat mobil yang tidak biasa telah dikenal sepanjang sejarah merek kami. Dengan penawaran ini, kami menghidupkan kembali warna-warna klasik dan memperluas jangkauan luas warna standar dan khusus di semua seri model dengan lebih dari 160 warna," kata Kepala Individualisasi dan Klasik Porsche Exclusive Manufaktur Alexander Fabig.

Dalam penawaran ini, Porsche menghadirkan warna standar yang telah disetujui secara teknis oleh spesialis cat Porsche. Warna tersebut antara lain Maritime Blue, Rubystar Red, dan Mint Green. Warna tersebut merupakan warna yang populer di tahun 90-an, yang dilabur pada mobil 911 tipe 964.

Pada seri model 911 dan 718, ada lebih dari 100 warna cat tambahan yang dapat dipilih konsumen. Sementara untuk model Panamera, Macan, dan Cayenne ada 50 opsi warna, serta model Taycan memiliki 65 warna yang dapat dipilih.

Related Articles