Comscore Tracker
LUXURY

ARTOTEL Batam Resmi Dibuka, Usung Konsep Seni Modern

Hotel bertema seni pertama di Batam.

ARTOTEL Batam Resmi Dibuka, Usung Konsep Seni ModernARTOTEL Batam/Dok. Artotel Group

by Desy Yuliastuti

Batam, FORTUNE - ARTOTEL Group bekerja sama dengan PT Hotel Ozon International menghadirkan ARTOTEL Batam yang secara resmi dibuka pada Selasa, 9 Agustus 2022.  ARTOTEL Batam adalah hotel butik yang mengusung konsep seni dan  gaya hidup masa kini yang mengakomodasi para pelaku perjalanan, baik untuk bisnis maupun wisata, yang berjiwa muda.

Terletak di kawasan pertokoan Penuin Center, Jalan Batu Selicin, ARTOTEL Batam memiliki lokasi yang strategis karena berada di tengah kawasan bisnis dan perdagangan di Kota Batam. Dapat dijangkau 30 menit dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim dan 10 menit dari pelabuhan penumpang Internasional dan Domestik Harbour Bay & Batam Center.

Eduard Rudolf Pangkerego, Chief Operating Officer dari ARTOTEL Group menyatakan dibukanya ARTOTEL Batam sebagai responsterhadap situasi perekonomian Indonesia yang semakin kondusif, serta kegiatan bisnis dan perjalanan wisata masyarakat Indonesia semakin menggeliat. Apalagi dengan dibukanya perbatasan negara tetangga yang sangat berdekatan dengan Batam, yaitu Singapura dan Malaysia.

"Meskipun Pandemi Covid-19 belum usai, kami yakin kota Batam masih membutuhkan akomodasi untuk para pelaku bisnis dan wisatawan lokal dan mancanegara yang singgah ke Batam. Sebagai bagian dari jaringan hotel ARTOTEL Group, kami ingin ARTOTEL Batam menjadi akomodasi yang berbeda dan unik di Batam karena konsep hotel butiknya yang menawarkan pengalaman menginap yang berbeda melalui sentuhan seni dan gaya hidupnya," ujar Eduard.

Senada Direktur Utama PT Hotel Ozon International, Hakim, menyampaikan dengan mulai pulihnya sektor pariwisata Indonesia dan dibukanya kembali pintu perbatasan negara-negara tetangga, menjadi momentum untuk berkolaborasi dengan ARTOTEL Group.

"Kami yakin dengan brand ARTOTEL, hotel kami akan menjadi hotel bertema seni pertama di Batam yang menampilkan berbagai karya seni mengenai budaya Indonesia dengan sangat menarik dan modern. ARTOTEL Batam akan menjadi hotel butik yang menawarkan pengalaman menginap yang berbeda untuk para wisatawan dan pebisnis," katanya.

Usung konsep seni modern

Sebagai Hotel Seni, ARTOTEL Batam akan menampilkan berbagai karya seni di setiap sudut fasilitas hotel, yaitu di ruang publik yang berada di area lobby serta di setiap kamar tamu. Bekerja sama dengan 4 seniman muda lokal Indonesia yang terdiri dari Katon Bagaskara, Mohammad Taufiq, Nus Salomo, dan Tempa, para seniman ini menampilkan karya seni kontemporer yang mengangkat tema ‘Silk Road’. Tema ini mengusung kisah mengenai jalur perdagangan dari belahan Timur dan Barat, yang disemat dengan elemen tradisional Indonesia dalam figure pewayangan, batik, serta flora dan fauna Indonesia.

Hotel ini menawarkan 138 kamar yang artistik dengan 2 tipe kamar, Studio 30 dan Studio 45, serta fasilitas pendukung yang terdiri dari EATSPACE dan BARSPACE yang akan menjadi tempat hangout baru di Batam, lengkap dengan live entertainment yang akan diselenggarakan secara rutin.

"Kami juga ingin menggeliatkan industri kreatif Batam melalui fasilitas yang tersedia di ARTOTEL Batam, yaitu ARTSPACE, EATSPACE, BARSPACE yang siap menjadi tempat dan memberi ruang untuk para anak anak muda Batam yang ingin mengekspresikan dirinya melalui seni dan kreativitas,” ujar Eduard.

Selain itu, hotel ini juga memiliki 3 ruang pertemuan MEETSPACE dengan kapasitas hingga 120 orang, serta ARTSPACE sebagai ruang galeri seni yang menjadi fasilitas khas dari hotel dengan brand ARTOTEL. ARTSPACE akan menampilkan pameran seni secara berkala untuk para tamu hotel dan masyarakat sekitar hotel dengan mengundang para seniman lokal Indonesia dan Batam khususnya yang ingin menampilkan karya seninya dalam waktu tertentu. 

Pameran seni perdana

Pameran seni perdana diselenggarakan di ARTSPACE yang berada di lantai lobby hotel bersamaan dengan dibukanya hotel pada tanggal 9 Agustus melalui pameran seni kolektif yang melibatkan 6 seniman lokal Indonesia, yaitu 3 seniman yang terlibat pada pembangunan hotel ini, Katon Bagaskara, Mohammad Taufiq, dan Tempa, 1 seniman asal Yogyakarta, Syam Terrajana, dan 2 seniman lokal Batam, Abang Seni & M. Syobirin.

Dengan tema Reflection, pameran ini ingin mengajak audiens merenungkan kembali akan apa yang telah terjadi secara global dalam dua tahun terakhir, melalui karya seninya para seniman menyuarakan semangat kepada kita semua untuk menyongsong hari esok yang penuh harapan.

Pada periode pembukaan ini, ARTOTEL Batam juga memberikan penawaran menginap yang menarik yaitu harga kamar Rp598.000 net/malam. Harga khusus ini hanya berlaku selama bulan Agustus di mana tamu akan mendapatkan 1 malam menginap di Studio 30 yang sudah termasuk sarapan dan makan malam untuk 2 orang.

Ada pula harga khusus bagi anggota ARTOTEL Circle, loyalty program ARTOTELGroup, karena akan mendapatkan privilege diskon 10 persen dari harga yang berlaku. ARTOTEL Circle dapat ditemukan di aplikasi digital IOS dan Android. Informasi selengkapnya dapat dilihat di artotelgroup.com. 

Related Articles