LUXURY

Generasi Baru ‘Sepatu Tercepat’ Nike Air Zoom Alphafly NEXT% 2 Dirilis

Inovasi Nike untuk berlari lebih jauh dan lebih cepat.

Generasi Baru ‘Sepatu Tercepat’ Nike Air Zoom Alphafly NEXT% 2 DirilisNike Air Zoom Alphafly NEXT% 2/Dok. Nike

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE Brand yang satu ini memang tidak pernah habis akan inovasi, Nike menggabungkan ilmu olahraga, teknik, dan kemampuan atlet untuk menggambangkan sepatu lari yang efektif. Menandai babak berikutnya dari fokus Nike yang tiada henti dalam mendesain "senjata" untuk berlari,, Nike Air Zoom Alphafly NEXT% 2 diluncurkan pada Rabu, 15 Juni 2022. 

Generasi baru dari sepatu lari tercepat Nike ini hadir dengan desain inovatif, tapi difokuskan pada penyempurnaan konstruksi sepatu untuk membawa semua pelari menempuh jarak maraton dengan stabilitas dan transisi yang lebih baik.

Sepatu lari ini digadang akan membuat rekor baru dan performa kecepatan tinggi dan telah menarik minat para pelari, baik amatir maupun profesional. Pelurannya dinantikan mengingat generasi pertamanya pada 2020, Alphafly NEXT%, mencatat jejak gemilang.

Alphafly NEXT% pernah dipakai oleh pelari Eliud Kipchoge ketika ia menjadi orang pertama yang memecahkan waktu maraton dua jam. Sebuah inovasi performa yang menjadi signature Alphafly NEXT%, yaitu mengembalikan energi pemakainya. 

Eliud Kipchoge melewati garis finis maraton 1:59 di Wina pada 2019, dunia menatap sepatu monster yang menghiasi kakinya. Banyak pertanyaan, apakah sepatu itu benar-benar memiliki dua pelat serat karbon? Apa kantong udara yang aneh itu? Dan sepatu itu ‘terlalu cepat’ dan menjadi legal untuk kompetisi kompetitif? Beberapa bulan kemudian, Nike Air Zoom Alphafly Next% diluncurkan, dan terjual habis dalam hitungan detik. 

Apakah Air Zoom Alphafly NEXT% 2 juga akan menjadi salah satu sepatu lari paling dicari di dunia? Apa saja yang berbeda dari pendahulunya?

Inovasi di balik generasi baru

Inovasi dari Nike tak lepas dari tim Nike di Sport Research Lab mengembangkan Nike NEXT% yang ditugaskan untuk membuat sepatu lari generasi berikutnya. Konsep dasar dari Nike NEXT% cukup sederhana, untuk membantu menjaga cadang energi seorang atlet sehingga mereka bisa berlari lebih jauh dan lebih cepat. Namun, untuk mencapai tujuan itu membutuhkan solusi yang lebih kompleks.

Sejumlah pembaruan dihadirkan Nike. Di bagian midsole, Alphafly NEXT% 2 terbuat dari kombinasi busa ZoomX full-length yang dikenal sebagai busa paling ringan dan paling tangguh dari Nike. Tak ketinggalan, pelat karbon melengkung dan pod Zoom Air ganda—menawarkan pelari ke performa tinggi, dorongan, serta pengendaraan yang ringan dan suportif.

Busa tambahan ditambahkan di bawah pod Zoom Air di kaki depan, menawarkan lebih banyak pengembalian energi dan membantu memastikan transisi yang mulus dari tumit ke kaki depan saat pelari melewati langkah mereka.

“Desain tumit yang sedikit lebih lebar membantu meningkatkan stabilitas dan transisi melalui perubahan kecepatan,” kata Nike, dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (22/6).

Sementara itu, di bagian atas atau upper kini memiliki fitur Atomknit 2.0, dirancang untuk penahan di kaki depan, sirkulasi udara di atas jari kaki, dan bantalan yang nyaman di bawah tali sepatu.

Colorway Alphafly NEXT% 2

Terinspirasi oleh atlet maraton elit Nike, prototipe colorway Alphafly NEXT% 2 mengacu pada proses pengembangan pengujian Nike dengan para atlet. Colorway ini menampilkan nomor uji keausan di sisi medial bersama dengan sembulan warna yang menonjolkan Dual Zoom Air Bags.

“Alphafly NEXT% 2 dibuat untuk para atlet yang mengejar yang terbaik dalam maraton,” kata Elliott Heath, Manajer Produk Sepatu Lari Nike. 

Dia menambahkan, “Sejak awal, Alphafly telah terinspirasi oleh pelari paling elit yang mengejar rekor dunia. Pembaruan yang kami buat di iterasi kedua terus membekali atlet elit yang bersaing di panggung dunia tetapi berfokus pada peningkatan pengalaman balap untuk semua pelari yang mengejar kemampuan terbaik mereka."

Prototipe colorway Nike Air Zoom Alphafly NEXT% 2 dirilis dalam jumlah terbatas mulai 15 Juni 2022, sedangkan colorway lainnya akan menyusul. Sepatu ini dijual seharga US$275 atau sekitar Rp4 juta.

Related Topics

Related Articles