Comscore Tracker
LUXURY

Kolaborasi Hublot dan Seniman Muda dalam Koleksi Spesial Tahun Kelinci

Memadukan gaya artistik unik dan visi kreatif Hublot.

Kolaborasi Hublot dan Seniman Muda dalam Koleksi Spesial Tahun KelinciHUBLOT SPIRIT OF BIG BANG BLACK CERAMIC RABBIT/Dok. Hublot

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Hublot memamerkan kreasi spesial untuk Tahun Baru Imlek 2023. Jenama asal Swiss ini menggandeng seniman muda Cina berbakat, Wen Na, untuk membuat ilustrasi istimewa dalam karya terbaru Spirit of Big Bang Black Ceramic Rabbit.

Menariknya, kemeriahan tahun kelinci dalam ilustrasi Wen Na menggambarkan semangat baru menyambut tahun baru Imlek yang menjadi kesempatan sempurna untuk berkumpul bersama keluarga. Dalam budaya Tionghoa, tahun 2023 atau kelinci air yang melambangkan kesabaran dan keberuntungan, yang berarti bahwa tahun kelinci 2023 akan membawa kedamaian dan kesuksesan

CEO Hublot, Ricardo Guadalupe menyambut gembira kolaborasi dengan seniman muda seperti Wen Na, yang merupakan master budaya tradisional Cina untuk melukis arloji edisi Imlek dan mempersembahkan Spirit of Big Bang Black Ceramic Rabbit.

"Setiap orang yang melihat karya mural Wen Na terkejut karena dia memadukan imajinasinya yang kuat dengan warna dan garis yang kaya,” ujar Guadalupe dalam keterangan pers, dikutip Selasa (24/1). Dia menambahkan, gaya artistik Wen Na yang unik dengan sempurna mewujudkan visi kreatif yang berani dari Hublot.

Harga Hublot x Wen Na Spirit of Big Bang Black Ceramic Rabbit referensi 646.CI.0610.NR.WNA23 dipasarkan seharga US$40.000 atau kisaran Rp603 juta. Apa istimewanya?

Memadukan gaya artistik unik dan visi kreatif Hublot

Menyoal kolaborasi ini, Wen Na, menyebut karya ini sebagai kejutan,  sebab merupakan kombinasi menarik untuk mengintegrasikan representasi waktu kuno dalam budaya tradisional Cina dan siklus sexagenary bersama Hublot dan jam tangan unggulannya.

"Presentasi animasi Hublot mengejutkan saya, dan seluruh proses kreatif membuat saya merasa bisa bekerja dengan lancar dan bahagia,” ujarnya.

Karya Wen Na dalam Hublot Spirit of Big Bang Black Ceramic Rabbit terinspirasi dari konsep Hublot Art of Fusion. SAng seniman menginterpretasikan 12 Cabang Bumi yang merupakan simbol dari kalender tradisional Cina. Karya ini berpadu dengan imajinasi artistik untuk menampilkan 12 jam ganda yang khas.

Perpaduan budaya dan Timur dan Barat

Berbeda dengan arloji lainnya yang didominasi warna merah, Hublot x Wen Na Spirit of Big Bang Black Ceramic Rabbit menampilkan detail eratnya hubungan antara budaya Timur dan Barat. Karya Wen Na memadukan esensi budaya Cina dan konsep pembuatan jam tangan yang inovatif. Menariknya, bodi cangkang terbuat dari keramik hitam untuk memberikan kontras dari nuansa meriah tahun kelinci air.

Pada permukaan dial, terlihat jelas detail beberapa ilustrasi kelinci ditempatkan pada penanda jam ganda yang berbeda. Para maestro di Hublot menggunakan beragam kuas untuk mengecat dial, dan sejumlah detail disajikan dalam sapuan kuas yang sangat halus.

Setiap detail pada permukaan dial dilukis dengan tangan melewati proses rumit yang memakan waktu lebih dari 40 jam. Hasilnya, 12 Spirit of Big Bang Black Ceramic Rabbit memiliki dial yang berbeda, membuat setiap arloji ini unik. 

Estetika kian menarik berkat komponen penanda jam mengadopsi desain artistik yang berasal dari 12 Cabang Bumi (Earthly Branches) untuk menghormati budaya Cina kuno. 

Terlepas dari detail tersebut, desain klasik dari referensi Spirit of Big Bang khas Hublot masih dipertahankan. Mulai dari cangkang 42 milimeter berbentuk tonneau, enam sekrup "H" pada bezel, screw-down crown karet yang dihiasi huruf H, hingga konstruksi bergaya sandwich

Di sektor dapur pacu, Hublot menyematkan mesin otomatis HUB1710. Mesin tersebut terdiri dari 185 komponen, beroperasi dalam frekuensi 28.800 vph, dan dibekali cadangan daya yang mampu bertahan hingga 50 jam. 

Related Articles