Comscore Tracker
LUXURY

Museum Mercedes-Benz Ungkap Evolusi Radio Mobil

Radio mobil berawal dari sistem sederhana hingga digital.

Museum Mercedes-Benz Ungkap Evolusi Radio MobilMercedes Benz

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Mercedes-Benz mencoba mengungkapkan latar belakang sejarah radio mobil. Melalui Museum Mercedes-Benz Inside edisi 32/2021, ada 160 kendaraan dan total 1.500 pertunjukan yang ditampilkan. Dikutip dari Mercedes-Benz Inside, berikut perjalanan radio mobil dari masa ke masa.

Radio seluler 

Radio mobil pertama muncul pada awal 1920-an – awalnya di Amerika Serikat – sebagai barang unik yang dibuat khusus oleh para pecinta teknologi berdasarkan teknologi katup radio kontemporer. Surat kabar Berliner Illustrierte Zeitung melaporkan tentang “nirkabel sebagai hobi – tren terbaru di Amerika”, meski teknologinya merupakan pengembangan dari Eropa.

In-car radio for Europe

Seiring berjalannya waktu, radio mobil produksi massal pertama di Eropa dibuat oleh Bosch. Bernama Autosuper 5 (AS5) dan dipamerkan di Berlin Radio Show 1932 oleh anak perusahaan Bosch, Ideal-Werke. Perangkat ini memiliki berat hingga 15 kilogram.

Integrasi teknologi baru

Pada saat itu, pemilik mobil biasanya hanya memasang unit kontrol kompak langsung ke panel instrumen. Sedangkan, komponen penerima dengan ukuran besar dan amplifier dipasang di lokasi yang berbeda, seperti di bagasi.

Beberapa tahun kemudian, radio mobil diintegrasikan ke dalam kendaraan dengan panel-panel yang mudak diakses di dekat kemudi. Mercedes-Benz, mengadaptasinya pada model 770 "Grand Mercedes".

Lebih ringkas

Setelah Perang Dunia II, radio mobil menjadi jauh lebih ringkas dan memungkinkan untuk mengintegrasikannya sepenuhnya ke dalam panel instrumen. Misalnya, pada Mercedes-Benz 170 S (W 136).

Periode 1950-an juga menandai puncak baru pada radio mobil. Siaran radio dengan modulasi frekuensi (FM) menawarkan kualitas sinyal yang lebih baik. Inovasi lanjutan pada periode ini termasuk tombol stasiun radio dan fungsi pemindaian stasiun. Teknologi transistor, slot kaset dan suara stereo menyusul pada tahun 1960-an.

Digitalisasi radio mobil

Sejak saat itu, unit radio di dalam kendaraan terus ditingkatkan oleh seluruh sistem media digital dan teknologi informasi. Mulai integrasi pemutar CD pada 1980-an hingga kombinasi dengan navigasi satelit pada 1990-an. 

Pengenalan tampilan panel sistem operasi merupakan tonggak sejarah jaringan sistem di kendaraan Mercedes-Benz yang merayakan premier dunianya pada 1998 dalam model 220 seri S-Class. Saat ini, radio mobil di Mercedes-Benz merupakan bagian dari sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz).

Seiring perkembangan teknologi, penemuan lain juga menjadi populer. Misalnya, CD changer di kompartemen sarung tangan, tetapi segera digantikan oleh perkembangan teknologi media digital seperti konektivitas bluetooth dan USB.

Related Topics

Related Articles