LUXURY

Pempek Masuk 5 Besar Makanan Olahan Seafood Terenak di Dunia

Pempek ada peringkat empat mengalahkan sushi dari Jepang.

Pempek Masuk 5 Besar Makanan Olahan Seafood Terenak di DuniaIlustrasi pempek/Dok. pexels.com/Jamaludin Muh
13 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kelezatan kuliner Nusantara tak perlu diragukan lagi, bahkan gaungnya hingga mancanegara. Setelah rendang, satai, dan nasi goreng, kini pempek juga jadi sorotan dunia. 

Makanan khas Palembang ini masuk daftar 50 makanan olahan seafood terenak di dunia versi TasteAtlas. Makanan yang terbuat dari ikan dan tepung tapioka sebagai bahan dasar ini masuk di jajaran lima besar, bersama dengan makanan lainnya asal Portugal, Spanyol, dan Peru.

Sebelum dikenal saat ini pempek awalnya ditemukan secara tak sengaja, berawal dari rasa bosan orang-orang Palembang akan olahan ikan yang digoreng dan dibakar.

Melansir laman TasteAtlas, dari rasa bosan itu kemudian muncul inovasi untuk mengolah ikan dan tepung tapioka hingga menjadi camilan yang enak dan renyah. Cita rasa pempek juga sangat khas dan nikmat disantap dengan kuah cuko, mi telur, potongan mentimun, dan ebi bubuk.

Semakin mendunia kuliner Indonesia, tentunya semakin banyak peluang bagi para pelaku ekraf subsektor kuliner untuk terus mengembangkan usaha mereka.

Related Topics