Comscore Tracker
LUXURY

Persaingan Ketat, BMW Singkirkan Mercedes Benz

Rival abadi asal Jerman terus bersaing ke posisi teratas.

Persaingan Ketat, BMW Singkirkan Mercedes BenzBMW X1 Diparkir di Samping Mercedes-Benz E-Class di Kyiv, Ukraine. Shutterstock/Sklo Studio

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Selama bertahun-tahun, rivalitas dua pabrikan otomotif asal Jerman, BMW dan Mercedes-Benz, dalam memperebutkan posisi terdepan dalam segmen mobil premium tidak mengendur. Mercy, nama lain Mercedes-Benz, selalu menjadi yang terlaris. Namun, posisi itu kini harus rela dilepas.

Pasalnya,, BMW berhasil menyingkirkan Mercedes Benz sebagai pesaing terdekatnya dari takhta merek premium terlaris pada 2021.

BMW memecahkan rekor penjualan pada 2021

Dilansir dari Hindustan Times, Senin (10/01) Mercedes-Benz membukukan penjualan 2,05 juta kendaraan pada 2021. Sebaliknya, rivalnya mampu memecahkan rekor penjualan 2,2 juta kendaraan pada tahun sama.

Meski industri otomotif tersambar dampak pandemi COVID-19, pun mengalami kekurangan chip semikonduktor, tetapi BMW dapat mengukuhkan kinerja penjualan pada 2019.

Bahkan salah satu juru bicara BMW menyatakan ini kali pertama perusahaan pembuat mobil Bavaria ini mampu menjual dan memproduksi unit terbanyak.

Mengejutkan para pengamat otomotif

Pernyataan tersebut juga telah dikonfirmasi secara langsung oleh Kepala Divisi penjualan BMW Pieter Nota. Menurutnya, rekor penjualan mobil termasuk dalam penjualan merek lain perusahaan, seperti MINI dan Rolls-Royce.

“Kami mengharapkan pertumbuhan yang lebih menguntungkan hingga 2022,” tambah Nota.

Sementara Mercedes Benz harus puas dengan angka penjualan 2,05 juta unit pada 2021. 

Pencapaian tersebut mengagetkan para pengamat mobil dan otomotif. Pasalnya, pada penjualan mobil EV, Mercedes Benz mengalami peningkatan yang sangat istimewa sampai 90 persen dengan jumlah unit mencapai 99.301 unit.

Persaingan tahun ini diperkirakan semakin sengit dengan peluncuran model-model terbaru. Mengutip laman bmwblog.com ,pada 2022 BMW kemungkinan meluncurkan beberapa model baru, termasuk jajaran EV BMW dan hybrid. Ada Seri 3 Facelift, G60 BMW Seri 5, BMW Seri 7 G70/G71, BMW Seri 8 Facelift, BMW M2 G87, BMW M3 Touring G81, BMW M4 CSL G82, BMW XM G09, BMW X1 U11, BMW X5/X6 Facelift, BMW X7 Facelift, BMW iX1 U01, BMW iX M60, dan BMW Z4 Facelift.

Sementera itu, Mercedes-Benz akan meluncurkan 32 model baru pada 2022 yang didominasi EV, hypercar Project One, Smart SUV, sedan hybrid plug-in 800bhp-plus, dan sejumlah model penerus. Mengutip autocar, di lini Mercedes-AMG akan hadir GT 4-Door Coupé dan GT Black Series. Selain itu, lima EV dari jajaran mobil listrik EQ juga akan hadir, termasuk seri  EQA dan EQS, ditambah model EQB , EQE dan EQG baru, serta model lain yang akan jadi kejutan.

Related Articles