Comscore Tracker
LUXURY

Porsche 911 GT3, Generasi Ketujuh Mobil Sport Berperforma Tinggi

Mengusung mesin boxer empat liter enam silinder 510 PS.

Porsche 911 GT3, Generasi Ketujuh Mobil Sport Berperforma TinggiPorsche 911 GT3/Dok. Porsche Indonesia

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Porsche Indonesia memperkenalkan Porsche 911 GT3 baru dengan keahlian Motorsport. Generasi ketujuh dari mobil sport performa tinggi ikonik yang dikembangkan bersama dengan Porsche Motorsport diluncurkan pada 1 April 2022 di Porsche Centre Jakarta.

Porsche 911 GT3 baru, generasi ketujuh dari mobil sport berperforma tinggi yang ikonik, kini tersedia di dealer Porsche di seluruh Indonesia. Porsche sekali lagi mengintensifkan segala sesuatu yang membuat sebuah mobil sport: performa, tuning, aerodinamis.

“GT3 baru memiliki semua yang diimpikan oleh para pecinta mobil sport, dengan sayap belakang leher angsa yang baru, kap depan berbahan carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) dengan saluran udara terintegrasi yang terinspirasi oleh motorsport, mesin empat liter enam silinder yang disedot secara alami, dan Layar Track baru, hanyalah beberapa fitur menarik pada mobil sport performa tinggi baru ini,” ujar Michael Vetter, Managing Di-rector Porsche Indonesia dalam keterangannya, dikutip Selasa (5/4).
 

DNA balap di garis depan konsep 911 GT3

911 GT3 baru mentransfer teknologi balap murni ke dalam model produksi yang lebih konsisten dari sebelumnya: tata letak gandar depan double wishbone dan aerodinamis canggih dengan sayap belakang leher angsa dan diffuser mencolok berasal dari mobil balap 911 RSR GT yang sukses. Mesin boxer empat liter enam silinder 375 kW (510 PS) didasarkan pada drivetrain dari 911 GT3 R, dicoba dan diuji dalam balap ketahanan. Mesin putaran tinggi yang mengesankan secara akustik juga digunakan secara praktis tidak berubah di 911 GT3 Cup yang baru. Hasilnya adalah mesin penggerak yang brilian: efisien dan emosional, presisi dan performa tinggi–sempurna untuk sirkuit dan luar biasa untuk penggunaan sehari-hari.

Kekuatan khas 911 GT3 terletak pada keseluruhan karakteristiknya. Dengan kecepatan tertinggi 320 km/jam (318 km/jam dengan PDK) bahkan lebih cepat dari 911 GT3 RS sebelumnya. Akselerasinya dari nol hingga 100 km/jam hanya dalam 3,4 detik. Porsche juga menawarkan model baru dengan transmisi manual enam kecepatan untuk pengalaman berkendara yang sangat murni.

Manfaat aerodinamis yang canggih dari pengalaman yang diperoleh dalam balap dan menghasilkan lebih banyak downforce secara signifikan tanpa mempengaruhi koefisien drag secara nyata. Dalam posisi performa, elemen sayap dan diffuser yang diatur secara manual secara signifikan meningkatkan tekanan aerodinamis untuk kecepatan menikung yang tinggi. Namun, ini hanya disediakan untuk acara jalan-jalan di sirkuit, karena di sanalah 911 GT3 dapat memainkan semua kartu trufnya.

Selama pengujian terakhir, mobil ini mengalahkan Nuerburgring-Nordschleife, yang secara tradisional merupakan ajang pembuktian tertinggi untuk semua mobil sport yang dikembangkan oleh Porsche, lebih dari 17 detik lebih cepat dari pendahulunya. Pembalap pengembangan Lars Kern hanya membutuhkan waktu 6:59,927 menit untuk putaran penuh 20,8 kilometer. Lintasan yang lebih pendek sepanjang 20,6 kilometer, yang sebelumnya menjadi patokan, diselesaikan oleh 911 GT3 dalam waktu 6:55,2 menit.


 

Performa konsisten

Menggunakan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 R yang tersedia secara opsional, model baru ini secara konsisten memberikan performanya selama beberapa putaran di tangan ahli dari brand ambassador Porsche Jörg Bergmeister. Bagi Bergmeister, ini adalah "mobil produksi terbaik" yang pernah dikendarai oleh pengemudi profesional berpengalaman di "Neraka Hijau".

Meskipun bodinya lebih lebar, roda lebih besar, dan fitur teknis tambahan, bobot GT3 baru ini setara dengan pendahulunya. Dengan gearbox manual beratnya 1,418 kilogram, dengan PDK 1,435 kilogram.

Kap depan terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP), jendela kaca ringan, cakram rem yang dioptimalkan, dan velg ringan yang ditempa memastikan disiplin berat, seperti halnya penutup untuk kompartemen kursi belakang. Sistem pembuangan sport yang ringan mengurangi berat tidak kurang dari sepuluh kilogram.

Dengan penutup knalpot yang dapat disesuaikan secara elektrik, ini menyelaraskan pengalaman suara yang sangat emosional dengan standar emisi Euro 6d ISC FCM (EU6 AP). Konsumsi gabungan 911 GT3 adalah 13,3 liter/100 km (PDK 12,4).
 

Gen Motorsport di GT 3

Khusus untuk model Porsche GT, semakin banyak pelanggan meminta peralatan yang disesuaikan. Untuk alasan ini, jajaran Porsche Exclusive Manufaktur juga tersedia untuk 911 GT3 baru dan dilengkapi dengan opsi khusus GT 3-seperti atap ringan yang terbuat dari serat karbon terbuka. Sorotan lainnya termasuk bagian atas spion luar yang terbuat dari karbon, lampu utama matriks LED gelap dan lampu belakang desain eksklusif yang serasi dengan busur cahaya tanpa komponen merah.

Pelek roda dicat Merah atau Hiu Biru menyempurnakan velg hitam. Di bagian interior, detail perlengkapan seperti dial untuk penghitung putaran dan stopwatch Sport Chrono, sabuk pengaman dan strip trim memberikan aksen elegan pada warna bodi atau warna lain yang diinginkan.

Sama eksklusifnya dengan 911 GT3 itu sendiri adalah chronograph individual yang ditawarkan Porsche Design secara eksklusif kepada pelanggan mobil sport performa tinggi. Seperti model peran bermotornya, ia menawarkan desain yang dinamis, kinerja yang konsisten, dan pengerjaan berkualitas tinggi.

Perumahannya mencerminkan gen Motorsport-nya. Sama seperti batang penghubung mesin GT3, ia terdiri dari titanium yang kuat dan ringan. Arloji ini ditenagai oleh rotor berliku individual yang mengingatkan pada roda 911 GT3. Cincin berwarna pada pelat jam dapat disesuaikan dengan warna cat 911 GT3.

Related Articles