LUXURY

Rahasia di Balik Haute Couture Butik Mewah Ternama

Rancangan musim gugur/dingin 2022 Dior hingga Balenciaga.

Rahasia di Balik Haute Couture Butik Mewah TernamaValentino Couture, Fall/Winter 2022/Dok. Valentino

by Desy Yuliastuti

02 August 2022

Jakarta, FORTUNE Haute couture, kasta tertinggi di industri fesyen. Istilah khusus ini berawal dari industri busana di Perancis untuk busana para bangsawan. Pangsa pasarnya di dunia tak banyak, hanya sekitar 4.000 orang. Khusus bagi kalangan jetset yang mampu merogoh kocek tidak sedikit untuk haute couture.

Busana haute couture secara khusus diproduksi dalam jumlah terbatas oleh rumah produksi tertentu. Pembuatan tiap busana pun dikhususkan untuk memenuhi selera dan permintaan tiap klien, dibuat sepenuhnya oleh tangan sang ahli busana dan sebisa mungkin tanpa bantuan mesin sama sekali. Haute couture berharga fantastis bergantung kualitas, cara pembuatan, dan bahannya yang memang memiliki kualitas terbaik atau bahkan langka. 

Untuk menyelami dunia haute couture dan bergabung dengan dunia kelas atas, lebih sulit lagi. Semuanya ada di tangan Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM), federasi haute couture dan mode di Paris. FHCM sepenuhnya mempertahankan standar budaya mode Prancis, dan desainer harus menunjukkan keterampilan pengrajin yang luar biasa, dan memenuhi level haute couture resmi. 

Haute couture seperti harta karun inspirasi bagi para pencipta dan merupakan “pabrik” impian di mana para desainer dapat dengan bebas menampilkan keterampilan mereka. Lalu, bagaimana para desainer berproses menghasilkan haute couture

Dirangkum dari Prestige, Selasa (8/2), para desainer mengungkap keahlian yang luar biasa dan konsep desain inovatif dari haute couture musim gugur dan musim dingin 2022.

Dior

descriptionDok. Dior

Seri haute couture musim gugur dan musim dingin Dior tahun 2022 dirilis di Rodin Fine Arts di Paris. Set ruang angkasa ini dibuat bersama oleh seniman Ukraina Olesia Trofymenko dan bengkel Chanakya di Mumbai, India. Mengambil tajuk "THE FLOW", pohon kehidupan ditampilkan melalui lukisan dan bordir, membuat kehidupan pohon dan bunga saling berbisik, melambangkan feminitas, kelanjutan kehidupan. 

Untuk seri ini, fokus utama adalah pada bordir yang membutuhkan banyak usaha, terutama mawar Dior, yang diolah menjadi panel renda dan tertanam dalam pada bordir manik-manik 3D. Bordir juga dapat dilihat pada bahan katun, wol crepe, sutra, dan kashmir.

Palet putih dan krem ​​muda musim ini memiliki nuansa lembut dan pendiam, gaun itu dilengkapi dengan tambal sulam renda perunggu dan renda hitam, dan sifon sutra yang mengalir berpadu dengan bordir untuk membingkai tubuh.

Terungkap secara eksplisit, direktur kreatif Dior Maria Grazia Chiuri menghubungkan kain dan kesadaran melalui pengerjaan indah dari penyambungan bahan yang berbeda, dan menyuntikkan cerita dan emosi budaya dan negara tradisional. Membuat rancangan haute couture menjadi lebih hidup.

Schiaparelli

Dok. Schiaparelli