Comscore Tracker
LUXURY

Resmi Diperkenalkan, Wuling EV Bakal Jadi Andalan Selama KTT G20

300 Wuling EV disiapkan untuk KTT G20.

Resmi Diperkenalkan, Wuling EV Bakal Jadi Andalan Selama KTT G20pre-launch Wuling EV bertajuk Electrify Your World di Jakarta, Rabu (1/6)/Dok. Wuling Motors

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Wuling Motors resmi memperkenalkan calon mobil listrik terbarunya, Wuling EV pada 1 Juni 2022. Mobil listrik mungil ini asal Cina ini rencananya akan dipasarkan di Tanah Air dalam waktu dekat.

Menariknya, mobil ini digadang-gadang akan berpartisipasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 sebagai official car partner.

“Kami pun bangga menginformasikan bahwa mobil listrik yang akan diproduksi di Indonesia ini telah resmi menjadi official car partner dari Konferensi Tingkat Tinggi G20 mendatang," kata Dian Asmahani selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors saat acara pre-launch Wuling EV bertajuk Electrify Your World di Jakarta, Rabu (1/6).

Dia menambahkan, upaya ini merupakan langkah awal yang luar biasa bagi kendaraan listrik Wuling untuk menjadi bagian dalam kegiatan berskala internasional dan turut berkontribusi pada program pemerintah dalam hal percepatan elektrifikasi kendaraan di Indonesia.

Bentuk simbolis partisipasi ini ditandai dengan pembukaan kain selubung Wuling EV yang eksteriornya diberikan kreasi bertemakan KTT G20 bersama President Director Wuling Motors Shi Guoyong, dan Setya Utama selaku Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Sebanyak 300 Wuling EV disiapkan untuk mendukung kebutuhan mobilitas selama kegiatan KTT G20 berlangsung. Nantinya, seluruh unit yang digunakan dalam acara tersebut merupakan unit yang diproduksi di fasilitas pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Pengisian daya tidak bergantung SPKLU

Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko menjelaskan, mobil listrik yang pertama kali ditampilkan di Indonesia ini, merupakan wujud nyata dari pengembangan platform GSEV. 

Wuling EV dikembangkan berdasarkan kerja sama antara Wuling Indonesia dengan pusat (Cina). Menurutnya, kerja sama di sini merupakan sharing informasi mengenai desain, kondisi jalan, kemudahan dalam pengisian daya, hingga jarak tempuh dalam sekali pengisian daya.

“Untuk pengisian daya ini sangat mudah. Bisa dilakukan di rumah. Kami ingin menekankan bahwa Wuling EV ini tidak terlalu bergantung oleh SPKLU,” ujarnya.

Wuling, kata dia, mempertimbangkan sejumlah opsi untuk perangkat pengisian daya. Salah satunya adalah membekali perangkat portable charger hingga opsi wall charger. Pihaknya pun masih mempelajari opsi charger terbaik untuk konsumen di Indonesia.

Desain dan spesifikasi Wuling EV

Mengenai desain bagian depannya yang futuristis dan unik, kendaraan listrik prototipe Wuling menggunakan Extended Horizon LED Daytime Running Light yang dikombinasikan dengan strip chrome serta trim hitam.

Desain LED DRL yang terlihat estetis ini memiliki aerodinamika yang baik. Kemudian, Illuminous Wuling logo pada bagian depan pun menambah kesan modern yang menjadikannya sangat berbeda di antara lini produk Wuling lainnya.

Di sisi samping, Wuling menyematkan futuristic rear view mirror dengan desain seperti melayang, tetapi tetap kokoh. Tak ketinggalan, aero-craft cabin window yang berada di baris kedua semakin mempertajam elemen masa depan kendaraan listrik Wuling ini.

Bagaimana interiornya? Wuling tak banyak mengungkap spesifikasinya. Namun, ada sedikit bocoran terkait jarak tempuh yang akan ditawarkan mobil listrik mungil ini untuk konsumen di Indonesia.

"Jarak tempuh yang akan ditawarkan oleh Wuling EV yang akan kami pasarkan di Indonesia itu mulai dari 200 sampai 300 kilometer," ujar Danang.

Jarak tempuh yang ditawarkan ini merupakan jarak terjauh yang bisa ditawarkan oleh platform GSEV, yang memiliki jarak tempuh bateri dengan kisaran 120 sampai 300 km.

"Kami mengembangkan bagian baterai secara modular. Jadi, ketika butuh besar kita tambahkan dan bisa juga dikecilkan sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Sayangnya, Wuling Indonesia belum bersedia memerinci informasi terkait harga ataupun tanggal peluncuran resminya. Diperkirakan Wuling EV akan diluncurkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11-21 Agustus 2022. 

Related Articles