Comscore Tracker
LUXURY

Resmi Mengaspal di Indonesia, Aprilia Tuareg 660 Dibanderol Rp656 Juta

Desain khas Italia, cocok untuk adventure.

Resmi Mengaspal di Indonesia, Aprilia Tuareg 660 Dibanderol Rp656 JutaAPRILIA TUAREG 660/Dok. PT Piaggio Indonesia

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - PT Piaggio Indonesia resmi meluncurkan sepeda motor petualang Aprilia Tuareg 660 untuk pasar Indonesia. Aprilia Tuareg 660 semakin memperkaya keluarga Aprilia 660, yaitu Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660.

Mesin yang digunakan terbukti ringan tetapi tidak rentan, teknikal tetapi tidak rumit, demi memberikan pengalaman berkendara terbaik dan menyenangkan bagi pengendara pemula dan berpengalaman.

"Aprilia Tuareg 660 melengkapi segmen Aprilia dari racing ke adventure. Inilah alasan PT Piaggio Indonesia berada di sini untuk melayani pelanggan kami dengan pilihan yang lebih banyak dan lebih menarik," kata Marco Noto La Diega, Managing & Country CEO PT Piaggio Indonesia, dalam keterangannya, dikutip Kamis (8/9).

Nama Tuareg sendiri memiliki makna yang berarti “manusia bebas”, berasal dari nilai inti dalam budaya orang Tuareg dari Sahara. Mereka dikenal memiliki kemampuan bertahan hidup dan keahlian eksplorasi, bahkan di lingkungan paling sulit sekali pun.

Ia menambahkan, Aprilia Tuareg 660 didesain untuk pengendara yang benar-benar mencari kebebasan dan kemampuan untuk bertualang di segala kondisi jalan. 

Empat Riding Mode khusus Aprilia Tuareg 660

Untuk pertama kalinya di kategori ini, Aprilia Tuareg 660 memperkenalkan konsep double fairing yang berfungsi sebagai pelengkap aerodinamis. Sebelumnya diperkenalkan lewat produk Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660.

Untuk memaksimalkan pengalaman berkendara dan memudahkan pengendara beradaptasi, Aprilia menyiapkan empat Riding Mode khusus untuk Aprilia Tuareg 660.

Pengendara dapat memilih Riding Mode yang paling sesuai dengan kebutuhan berkendaranya. Secara otomatis bakal mendapatkan setting atau pengaturan terbaik dalam berkendara, baik dalam hal kontrol traksi, rem engine, ABS, dan semua parameter lainnya.

Dari empat Riding Mode yang ada, dua didedikasikan untuk berkendara di jalan raya, satu khusus medan off-road, dan satu lagi dapat disesuaikan sepenuhnya. Berikut operasional teknis mode pengendaraan.

Urban, yaitu mewadahi kebutuhan kaum urban untuk berkendara sehari-hari, dikalibrasi dengan mempertimbangkan keselamatan. Memiliki ABS aktif di kedua channel.

Explore, untuk perjalanan menyenangkan di jalan, dikalibrasi agar pengendara dapat menikmati rute sepenuhnya. ABS aktif di kedua channel.

Off-road, khusus untuk pengendaraan off-road, dengan minimum kontrol traksi dan engine brake. Pemetaan mesin ini adalah yang paling mudah diatur dalam hal pengiriman daya. ABS dinonaktifkan pada rem belakang, juga bisa dinonaktifkan pada rem depan.

Individual, yang memungkinkan pengendara mempersonalisasi kontrol elektronik sepenuhnya. Yaitu mengelola pengaturan elektronik difasilitasi oleh kontrol setang yang sepenuhnya intuitif. Di sebelah kiri memungkinkan rider dengan cepat menyesuaikan kontrol traksi dan kontrol jelajah, serta fungsi lainnya. Sementara sebelah kanan memungkinkan rider secara cepat bisa memilih mode berkendara yang diinginkan.

Spesifikasi Aprilia Tuareg 660

Aprilia Tuareg 660 mengadopsi mesin twin cylinder berkapasitas 660 cc dengan parallel-twin engine yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 80 hp dan torsi 70 Nm. Motor ini juga memiliki ground clearance 240 mm yang membantu saat sedang berpetualang melewati sungai kecil atau bahkan menerobos banjir.

Fitur yang tersemat pada Aprilia Tuareg 660 adalah empat mode berkendara, ABS yang bisa dinonaktifkan, sistem APRC yang dilengkapi traction control, cruise control, engine map, dan engine brake. Layar LCD 5 inci TFT juga terpasang pada dasbor motor. Adapun bobot, motor ini memiliki berat kering 187 kilogram, sedangkan tangki bahan bakarnya mencapai 18 liter.

Aprilia Tuareg 660 tersedia dalam pilihan warna Acid Gold, yang telah diperkenalkan pada Aprilia RS dan Aprilia Tuono. Ada juga warna Indaco Tagelmust yang ikonik dan secara eksplisit terinspirasi oleh skema warna Aprilia Tuareg Wind 600 pada tahun 1988.

Aprilia Tuareg 660 ini ditawarkan dengan harga on the road DKI Jakarta Rp656 juta.

Related Articles