Comscore Tracker
LUXURY

Sosok Francoise Bettencourt Meyers, Perempuan Terkaya di Dunia

Dua kali masuk daftar orang terkarya Forbes.

Sosok Francoise Bettencourt Meyers, Perempuan Terkaya di DuniaFrançoise Bettencourt Meyers/Dok. Reuters

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Forbes merilis daftar orang terkaya di dunia. Menariknya, meskipun daftar itu masih didominasi pria, tak sedikit pula perempuan yang tercatat punya banyak harta.

Françoise Bettencourt Meyers salah satunya. Dua kali masuk dinobatkan sebagai perempuan terkaya di 2022 dalam daftar Forbes, ia diprediksi memiliki total kekayaan US$74,8 miliar atau sekitar Rp1.000 triliunan. Diketahui bahwa kekayaannya pun mengalami peningkatan sebanyak US$1,2 miliar dari tahun lalu. Siapa dia sebenarnya?

Pewaris tahta L'Oreal

Françoise Bettencourt Meyers adalah cucu dari pendiri raksasa kecantikan L'Oreal. Ia pertama kali muncul di Daftar Miliarder Dunia Forbes pada tahun 2018, bertepatan setelah kematian ibunya, Liliane Bettencourt, yang saat itu menjadi perempuan terkaya di dunia.

Bettencourt Meyers dan keluarganya diketahui memiliki sekitar 33 persen saham L'Oreal. Dia telah bertugas di dewan L'Oreal sejak 1997 dan merupakan ketua dari perusahaan induk keluarga. Kedua anaknya, yakni Jean-Victor Meyers dan Nicolas Meyers juga punya posisi sehingga bukan tidak mungkin menjadi orang terkaya selanjutnya. Demikian dikutip dari Forbes, Selasa (12/4).

Françoise sendiri menyandang posisi sebagai Vice Chair of the Board of L'Oréal yang merupakan perusahaan kosmetik terbesar di dunia. Ia merupakan cucu dari Eugène Paul Louis Schueller yang mendirikan bisnis tersebut di 1909. Perempuan 68 tahun asal Perancis itu jadi langganan masuk daftar orang terkaya setelah ibunya, Liliane Bettencourt, meninggal dunia pada 2017.

Meski mendapatkan hartanya dari sang ibu, hubungan Françoise dan Liliane diketahui tak selalu baik. Françoise pernah menuduh ibunya terpengaruh oleh orang-orang jahat yang mengincar kekayaannya. Untungnya, keduanya kemudian berdamai dan Françoise tetap mendapatkan semua uang yang diwariskan kepadanya.

Sebagai perusahaan kecantikan terbesar di dunia, grup L'Oreal membawahi lebih dari 35 merek kosmetik, perawatan wajah, dan perawatan diri lainnya. Beberapa merek yang dikenal publik, seperti Maybelline, Garnier, dan Nyx.

Meski sudah berusia 100 tahun, perusahaan ini masih terus eksis dan berkembang berkat teknologi. Belum lama ini, perusahaan meluncurkan headset untuk membantu seseorang membuat pilihan wewangian yang tepat. L'Oreal juga terus melakukan akuisisi merek indie yang mumpuni dan membentu aliansi strategis untuk tetap menjadi yang teratas dalam tren.

Related Articles