Comscore Tracker
LUXURY

Orang Ingat Mati, Merek Mewah Rolls-Royce Catat Rekor Penjualan

Golongan kaya ingin lebih menikmati hidup.

Orang Ingat Mati, Merek Mewah Rolls-Royce Catat Rekor PenjualanRolls-Royce Phantom 2012. Dok/Rolls-Royce Motor Cars Jakarta

by Luky Maulana Firmansyah

11 January 2022

Jakarta, FORTUNE – Rekor penjualan yang dicetak oleh Rolls-Royce membuktikan bahwa pasar mobil mewah sulit digoyang oleh krisis yang dibawa oleh wabah COVID-19. 

Mengutip The Guardian, Selasa (11/1), Rolls-Royce Motor berhasil menjual 5.586 kendaraan pada 2021, yang merupakan capaian tertinggi dalam 117 tahun terakhir.

Menurut Torsten Müller-Ötvös, kepala eksekutif produsen mobil asal Inggris itu, virus corona seolah menjadi pengingat kematian bagi para pelanggannya—yang rata-rata berusia 43 tahun. Itu membuat mereka ingin menikmati hidup dengan membeli mobil mewah.

“Banyak orang menyaksikan orang-orang di komunitas mereka sekarat karena COVID-19 dan itu membuat mereka berpikir hidup ini singkat,” katanya. “Itu membantu (penjualan) Rolls-Royce.”

Dampak positif dari pembatasan mobilitas

Rolls-Royce justru mendapat faedah dari pembatasan mobilitas yang lazim diterapkan saat pandemi. Sebab, langkah otoritas tersebut membuat memungkinkan golongan kaya untuk membelanjakan uang di tempat lain.

"Karena COVID-19, seluruh bisnis mewah berkembang pesat di seluruh dunia," katanya. “Orang-orang tidak bisa banyak bepergian, mereka tidak bisa berinvestasi banyak untuk layanan mewah, dan ada cukup banyak uang yang terkumpul yang dihabiskan untuk barang-barang mewah.”

Penjualan Rolls-Royce meningkat di setiap bagian dunia, sesuatu yang menurut Torsten “tren tidak biasa”. Namun, Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) tetap menjadi dua pasar terbesar. Masing-masing menyumbang 30 persen dari total penjualan.

Model terlaris

Tidak ada pabrikan lain yang menjual lebih banyak mobil dengan harga lebih dari 250.000-an euro, kata Torsten. Nilai yang setara dengan Rp4,05 miliar (asumsi kurs Rp16.219).

Rolls-Royce Phantom—yang harganya berkisar Rp6,43 miliar—merupakan model terlaris. Sedangkan, lini kendaraan utilitas sport/SUV, yakni Cullinan, menyumbang 30 persen terhadap total penjualan. Harga Cullinan dipatok Rp4,7 miliar.

Sementara itu, Spectre, mobil listrik pertamanya, akan mulai dikirimkan pada 2023. Produsen mobil ini memutuskan untuk berhenti membuat mobil berbasis bahan bakar fosil dan menjadi sepenuhnya listrik pada 2030.